Apa Perbedaan Kartu Nikah dan Buku Nikah?

Perbedaan Kartu Nikah dan Buku Nikah

Mulai tanggal 8 November 2018, semua pasangan pengantin baru akan mendapatkan buku nikah dan kartu nikah. Kartu nikah adalah terobosan terbaru dari Kementerian Agama (Kemenag) dalam usaha mendigitalisasi data pernikahan penduduk Indonesia. Kartu nikah merupakan kartu identitas nikah berbasis teknologi yang mudah dibawa dan memiliki akurasi data saat diakses dimanapun. Peluncuran kartu nikah ini tidak menghilangkan fungsi dari buku nikah, dokumen resmi pernikahan yang telah ada sejak puluhan tahun belakangan.

Lalu, apa 4 perbedaan kartu nikah dan buku nikah?
Kartu Nikah Buku Nikah
Mirip seperti Kartu E-KTP Mirip buku paspor (sampul hijau untuk istri, sampul cokelat untuk suami)
Mudah dibawa (5,4 cm x 8,6 cm) Tidak mudah dibawa (10 cm x 14 cm)
Ada kode QR Dokumen resmi
Berbasis Aplikasi Web Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) Diterbitkan Kantor Urusan Agama (KUA)
Diluncurkan tangal 8 November 2018 Pencatatan perkawinan di KUA

Pada dasarnya kartu nikah adalah buku nikah yang sudah dilengkapi dengan teknologi canggih. Bagian depan nikah hanya terdiri dari foto pasangan pengantin dan kode QR. Kode QR yang ada di dalam kartu nikah bisa dipindai untuk terhubung dengan aplikasi SIMKAH yang dikelola oleh Kementerian Dalam Negeri dan data Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Aplikasi ini akan memuat semua data dari pasangan pengantin seperti nama, nomor akta nikah, nomor perforasi buku nikah, tempat dan tanggal nikah. Kartu nikah tidak mudah dipalsukan dan datanya dapat diakses dari mana saja.

Bentuk kartu nikah yang kecil seperti KTP memudahkan pemiliknya untuk membawa kartu nikah dalam dompet saat sedang dibutuhkan. Kartu nikah juga tidak terbuat dari kertas sehingga lebih kuat dan tidak akan rusak meskipun terkena air. Nantinya buku nikah sebagai dokumen resmi dari negara bisa disimpan di rumah.

Nah itulah perbedaan kartu nikah dan buku nikah. Apakah teman-teman SUKITA ID ingin tahu seperti apa bentuk asli dari kedua dokumen penting ini? Jangan lupa ya nanti cek setelah menikah!

Sumber: liputan6.com 1 dan 2

#SUpayaKItaTAhu
#KartuNikahdanBukuNikah
#Terkini

Tag: , , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 shares