Apa yang Harus Dilakukan Agar Selamat dari Kebakaran Hutan dan Lahan?

Selamat dari kebakaran hutan

Membuka lahan baru untuk pemukiman dan pertanian dengan membakar hutan adalah praktik umum yang terjadi di Indonesia. Penduduk Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan pasti pernah mengalami dampak langsung dari kejadian ini. Meskipun kebakaran hutan tidak terjadi dekat dengan pemukiman warga, asap dan panas api akan mempengaruhi kehidupan penduduk sekitar. Itu sebabnya mengetahui cara agar selamat dari kebakaran hutan dan lahan ini jadi penting.

Apa yang harus teman-teman SUKITA ID lakukan agar selamat dari kebakaran hutan dan lahan? Tonton video ini!

Menjaga kesehatan dari gangguan asap bisa dilakukan dengan banyak cara. Kamu bisa menutup semua sumber ventilasi di rumah dan menghidupkan AC untuk menyaring ruangan. Gunakanlah masker N95 saat berpergian. Jangan lupa untuk mencuci tangan, wajah ataupun mandi setelah beraktifitas di luar. Hindari meminum air dari sumber-sumber yang terbuka seperti air sungai ataupun sumur yang tidak tertutup. Minumlah air kemasan untuk menghindari kontaminasi dari asap dan abu.

Segera hubungi pihak berwenang setiap kali kamu menemukan atau mencium adanya kebakaran hutan dan lahan. Penyuluhan terhadap pentingnya menjaga kelestarian hutan dan tidak membakarnya untuk menjadi tempat pemukiman dan pertanian juga penting untuk dilakukan. Warga sekitarpun perlu tetap awas terhadap gangguan dari pihak luar yang ingin membakar hutan.

Sekali hutan terbakar maka apinya akan sulit untuk dipadamkan. Itu sebabnya lebih baik mencegah daripada mengobati. Selalu jaga lingkungan sekitarmu ya teman-teman SUKITA ID!

Sumber:BNPB Indonesia

#SUpayaKItaTAhu
#ApaYangHarusDilakukanAgarSelamatDariKebakaranHutanDanLahan
#Tips

Tags: Bencana Alam, Kebakaran Hutan, Selamat, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 share