8 Perbedaan Sekolah dan Kuliah yang Mahasiswa Baru Pasti Alami

Perbedaan sekolah dan Kuliah

Selamat untuk teman-teman SUKITA ID yang tahun ini berhasil masuk ke jenjang perkuliahan! Bagaimana rasanya menjadi mahasiswa baru? Rasanya menyenangkan dan bebas atau malah aneh karena banyaknya perbedaan sekolah dan kuliah? Meskipun hanya beda satu tingkat, SMA dan kuliah bagaikan dunia yang berbeda. Saat ini kamu mungkin merasa ada beberapa kebiasaan mahasiswa yang aneh, tapi kamu juga akan beradaptasi melakukannya suatu saat nanti.

Apa saja 8 perbedaan sekolah dan kuliah yang mahasiswa baru pasti alami? Check this out!
1. Bangun pagi
Perbedaan Sekolah dan Kuliah
(Foto: brilio.net)

Sekolah: Maksimal jam 6 sudah harus bangun, kalau tidak telat. Bangun lebih pagi dari jam 5 juga sudah biasa.

Kuliah: Bangun pagi? Buat apa? Semua jadwal kuliah sudah digeser ke siang. Kalau dulu rajin bangun pagi, sekarang bangun sebelum jam 12 saja sudah pencapaian.

2. Gaya berpakaian
Perbedaan Sekolah dan Kuliah
(Foto: brilio.net)

Sekolah: Dulu sepatu harus hitam, baju harus lengan panjang dengan rok sampai semata kaki. Ikat pinggang dan topi jangan lupa bawa, nanti kamu bisa dihukum.

Kuliah: Bebas mau bergaya apa saja. Bahkan kamu bisa datang ke kampus dengan baju kaos dan sendal sepatu.

3. Buku
Perbedaan Sekolah dan Kuliah
(Foto: brilio.net)

Sekolah: Semua mata pelajaran punya satu buku. Kamu juga punya beberapa buku tulis, yang satu buat buku catatan, yang satu buku tugas, yang satu lagi buku PR. Setiap hari tasmu selalu penuh dengan buku pelajaran.

Kuliah: Kamu hanya perlu membawa satu binder dan laptop kalau ada. Sekarang semua bahan mata kuliah di copy ataupun dalam bentuk PDF. Kamu tak perlu lagi berangkat kuliah dengan tas berat.

4. Absensi
Perbedaan Sekolah dan Kuliah
(Foto: brilio.net)

Sekolah: Dulu kalau kamu tidak masuk sekolah satu hari saja semua orang langsung sadar. Setiap harinya bangku di kelasmu pasti terisi penuh, jarang ada yang absen. Bangku paling depan harus terisi, tidak boleh ada yang mojok sendirian di belakang.

Kuliah: Sekarang kamu akan sering bertemu dengan teman yang abses karena setiap mahasiswa biasanya punya jatah absen sekitar 3 kali dalam satu mata kuliah. Duduk jauh-jauhan juga tidak masalah.

5. Teman-teman
Perbedaan Sekolah dan Kuliah
(Foto: brilio.net)

Sekolah: Satu kelas harus akrab dan saling kenal satu sama lain. Kalau gurumu sampai tahu kamu gak kenal si A, si B, si C yang sekelas sama kamu, kamu bisa disuruh kenalan di depan kelas. Kamu juga punya banyak teman dan sering buat kelompok bareng saat ada tugas kelompok. Motto kalian dulu adalah “masuk bareng, keluar bareng”.

Kuliah:  Setiap ganti mata kuliah, temanmu juga berganti. Kamu belum tentu kenal dengan orang yang duduk disampingmu. Kamu sering merasa sendirian karena teman-temanmu mengambil mata kuliah yang berbeda denganmu. Sekarang tidak ada lagi istilah lulus bareng. Kalau kamu mau lulus, kamu harus usaha sendirian.

6. Isi tas
Perbedaan Sekolah dan Kuliah
(Foto: brilio.net)

Sekolah: Semua orang bawa ransel. Isi ransel selalu penuh dengan barang-barang yang kamu pakai seharian dari mulai buku pelajaran, alat tulis lengkap, bekal buatan mama sampai-sampai kamu sendiri keberatan bawa tasnya.

Kuliah: Bagus kamu masih pakai tas, terkadang kamu bisa datang ke kampus tanpa membawa apapun. Kamu cukup bawa satu binder dan kamu bisa berangkat ke kampus dengan tenang. Kalau males banget, kamu bisa datang cuma bawa satu pulpen dan minta kertas sama temanmu yang lain.

7. Nilai
Perbedaan Sekolah dan Kuliah
(Foto: brilio.net)

Sekolah: Dulu kamu bisa nangis seharian kalau nilaimu jelek ataupun tidak sempurna.

Kuliah: Yang penting nilainya lulus, mau bagus atau tidak ya udah gapapa asal gak perlu ngulang.

8. Impian untuk kuliah
Perbedaan Sekolah dan Kuliah
(Foto: brilio.net)

Sekolah: Sudah bosan dengan sekolah yang serba diatur dan ingin cepat-cepat mencicipi bangku perkuliahan yang kelihatan bebas dan keren.

Kuliah: Ingin kembali lagi ke masa-masa sekolah yang sederhana dan menyenangkan.

Nah itu dia 8 perbedaan sekolah dan kuliah yang pasti dialami mahasiswa baru. Teman-teman SUKITA ID sudah merasakan perbedaan yang mana saja?

#SUpayaKItaTAhu
#8PerbedaanSekolahDanKuliahYangPastiMahasiswaBaruAlami
#Hubungan

Tags: Kuliah, Sekolah, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 shares