7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Cabut Gigi

Tidak Boleh Dilakukan Setelah Cabut Gigi

Apakah teman-teman SUKITA ID baru saja mencabut gigi? Demi alasan kesehatan, tak banyak orang dewasa yang terpaksa harus merelakan salah satu giginya. Cabut gigi permanen berbeda dengan cabut gigi susu yang memang sudah siap ditanggalkan, kita butuh perawatan khusus agar gusi kita cepat pulih. Baik cabut gigi biasa maupun cabut gigi bungsu melalui operasi, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah cabut gigi agar gusi kita cepat pulih.

Setidaknya ada 7 hal yang tidak boleh dilakukan setelah cabut gigi. Apa saja itu?
1 Berkumur dan meludah
Tidak Boleh Dilakukan Setelah Cabut Gigi
(Foto: hellosehat.com)

Setelah cabut gigi, kita harus memberikan waktu agar darah di lubang bekas cabutan gigi supaya bisa mengeras. Bekuan darah itu akan melindungi syaraf dan tulang gigi yang terekspose setelah gigi yang menutupinya di cabut. Kamu bisa mengalami bengkak parah, sakit kepala hingga infeksi syaraf jika kamu tak memiliki bekuan darah ini. Oleh sebab itu kamu disarankan agar tidak berkumur ataupun meludah setidaknya sekitar 24 jam setelah cabut gigi agar bekuan darah itu bisa terbentuk dengan baik. Setelah sehari lewat, kamu boleh kumur-kumur asalkan tidak keras agar bekuan darahnya tidak copot.

2. Mencolek gusi dengan lidah ataupun objek lainnya
Tidak Boleh Dilakukan Setelah Cabut Gigi
(Foto: yukle.mobi)

Secara tidak sadar pasti kita memiliki keinginan untuk mencolek gusi untuk merasakan perbedaan setelah cabut gigi. Nah, hal ini termasuk hal yang tidak boleh dilakukan setelah cabut gigi. Lidah ataupun objek lain yang kamu gunakan untuk mencolek gusi dapat membawa bakteri pembuat infeksi ataupun merusak bekuan darah yang penting untuk menutupi lubang gigi.

3. Makan makanan pedas, asam dan panas
Tidak Boleh Dilakukan Setelah Cabut Gigi
(Foto: carasehat78.blogspot.com)

Jika kamu suka makan pedas dan asam, ada baiknya kamu puasa dulu makan pedas setidaknya selama 3 hari setelah cabut gigi. Makanan pedas dan asam bisa membuat gusimu yang sedang terlukan menjadi perih dan merusak bekuan darah. Makan makanan panas juga bisa mengencerkan bekuan darah. Selain puasa makan makanan pedas asam dan panas setelah cabut gigi, kamu juga tak boleh lupa untuk membesihkan sisa makanan yang mungkin menyelip di gusi bekas cabutan gigi dengan kumur-kumur ringan.

4. Minum minuman keras, berkafein, bersoda dan panas
Tidak Boleh Dilakukan Setelah Cabut Gigi
(Foto: idntimes.com)

Minuman keras dan kafein bersifat diuretik (Memacu keinginan untuk buang air kecil) sehingga akan menghambat proses pemulihan gusi yang membutuhkan banyak cairan. Sementara itu minuman bersoda bisa mengurai gumpalan darah dan membuat syaraf dan tulang gigi terekspose. Setelah cabut gigi, kamu sebaiknya jangan meminum minuman panas dulu juga ya, lebih baik minum minuman dingin (selain es) untuk mengurangi bengkak di pipimu.

5. Minum dengan sedotan
Tidak Boleh Dilakukan Setelah Cabut Gigi
(Foto: phunkybento.co.nz)

Beberapa orang mungkin mengira minum dengan sedotan bisa jadi solusi untuk minum tanpa mengotori gusi bekas cabutan gigi, kenyataannya ini merupakan hal yang berbahaya dan tidak boleh dilakukan setelah cabut gigi. Minum dengan sedotan akan menekan sisi dalam mulut sehingga bekuan darah bisa pecah ataupun lepas. Jika kamu ingin minum tanpa mengotori gusi bekas cabutan gigimu, lebih baik kamu memiringkan kepala ke sebelah gusi yang sehat.

6. Merokok
Tidak Boleh Dilakukan Setelah Cabut Gigi
(Foto: hariansinggalang.co.id)

Merekok akan meningkatkan tekanan darah sehingga meningkatkan resiko pendarahan pada gusi. Selain itu menghisap rokok juga punya bahaya yang sama seperti saat minum dengan sedotan. Oleh sebab itu lebih baik kamu tidak merokok setidaknya untuk dua tiga hari setelah cabut gigi agar proses pemulihanmu tidak terhambat.

7. Olahraga
Tidak Boleh Dilakukan Setelah Cabut Gigi
(Foto: inovasee.com)

Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik berat lainnya setelah cabut gigi akan meningkatkan resiko pendarahan, pembengkakan serta rusaknya gumpalan darah. Hindari olahraga selama tiga hingga empat hari setelah cabut gigi untuk menjaga kondisi. Lebih baik kamu memperbanyak istirahat agar kondisimu cepat pulih.

Sumber: Hellosehat.com dan Hellosehat.com

#SUpayaKItaTAhu
#7HalYangTidakBolehDilakukanSetelahCabutGigi
#Tips

Tags: Cabut Gigi, Gigi, Kesehatan, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 shares