7 Dalang Hebat Dibalik Meriahnya Acara Pembukaan Asian Games 2018

Apakah teman-teman SUKITA ID menonton acara pembukaan Asian Games 2018 yang disiarkan secara langsung tanggal 18 Agustus kemarin? Tak hanya Indonesia, warga Asia juga terpukau dengan keindahan dan kemeriahan acara pembukaan tersebut. Bahkan Indonesia sampai dinilai sudah mampu menjadi tuan rumah Olimpiade berkat persiapannya dan penampilan penari, penyanyi dan seluruh pengisi acara yang sangat matang.

Kesuksesan acara pembukaan Asian Games 2018 ini hanya bisa terjadi berkat kepiawaian dari 7 “dalang” asal Indonesia loh. Mereka memiliki peran yang sangat besar dalam acara 2,5 jam tersebut. Siapa saja ya?
1. Wishnutama Kusubandio
Pembukaan Asian Games 2018
(Foto: youtube.com/
MuvilaExclusive)

Wisnuhutama adalah salah seorang executive produser acara televisi yang dikenal akrab berkat peran kerennya setiap kali acara ulang tahun NET TV. Ternyata Wisnuhutama juga memiliki peranan penting di Asian Games 2018 yaitu sebagai Creative Director of Ceremonies Departement. Pria kelahiran 4 Mei 1970 inilah yang mentukan konsep apa yang akan ditampilkan pada pembukaan Asian Games 2018. Sepanjang acara, Wisnuhutama memantau dari balik ruang kendali dan sigap memberikan aba-aba supaya acara bisa berjalan dengan terkendal.

2. Denny Malik
Pembukaan Asian Games 2018
(Foto: kapanlagi.com)

Ingat tari saman yang ditampilkan di awal acara pembukaan? Nah, tarian tersebut ternyata dikoreografikan oleh Denny Malik. Denny berhasil membimbing 1.600 siswa SMA di DKI Jakarta untuk memadukan tari tradisional dengan gaya modern yang membuat semua penonton terpukau. Koreografer yang memulai karirnya sebagai penyanyi dangdut ini ternyata sudah lama malang melintang di dunia koreografi seperti menjadi koreografer di acara pembukaan Sea Games 2011.

3. Eko Supriyanto
Pembukaan Asian Games 2018
(Foto: artsequator.com)

Tak hanya tari saman, tari tradisional dari berbagai wilayah Indonesia dan tari modern di penghujung acara juga meninggalkan kesan kuat bagi penonton acara pembukaan Asian Games 2018 kemarin. Nah, dalang dibalik koreografi apik yang memukau Asia ini adalah Eko Supriyanto yang sukses memandu para penari untuk menampilkan ciri khas Indonesia. Eko memasukan elemen bumi, api dan energy yang menjadi salah satu highlight utama dalam acara pembukaan Asian Games 2018. Ternyata ia juga pernah loh menjadi penata tari di ajang Miss World 2013 dan penata tari pada 268 konser Madona, queen of pop. Pantas saja tariannya keren-keren ya?

4. Addie Ms
Pembukaan Asian Games 2018
(Foto: prestigeonline.com)

Nama Addie Ms pasti juga sudah tak asing lagi di telinga teman-teman SUKITA ID. Konduktor Twilite Ochrestra ini merupakan salah satu dalang dibalik merdunya musik di GBK tanggal 18 Agustus kemarin. Ia dan pemain orkestranya berhasil memainkan lagu daerah Indonesia dengan harmonis yang menjadi lagu pengiring selama acara pembukaan Asian Games 2018 kemarin.

5. Ronald Steven
Pembukaan Asian Games 2018
(Foto: youtube.com/D R G – Teaser – Ronald Steven)

Ronald Steven adalah pemain bass yang sering mengiringi musisi-musisi papan atas seperti Glenn Fedly dan Agnez Mo. Pada acara pembukaan Asian Games 2018 kemarin, Ronald dan Addie Ms berrkolaborasi menjadi music diretor. Ia dan Addie Ms memadupadankan musik modern dan orkestra untuk menghadirkan alunan musik merdu yang merepresentasikan Indonesia.

6. Dynand Fariz
Pembukaan Asian Games 2018
(Foto: lokalkarya.com)

Jika kamu pernah melihat Jember Fashion Carnaval, kamu pasti merasa tak asing dengan kostum burung Garuda keemasan karya Dynand Fariz yang memimpin semua kontingan negara masuk ke dalam GBK. Pria asal Jawa Timur ini memang sudah memiliki reputasi yang bagus dalam penataan kostum. Tahun 2014, kostum rancangannya yang bertema “Chronicles of Borobudur” memenangkan kategori kostum terbaik di ajang Miss Universe Indonesia. Kali ini Dynand Fariz juga dipercaya sebagai penata busana untuk Asian Games bersama dengan Rynaldy Yunardi.

7. Rinaldy Yunardi
Pembukaan Asian Games 2018
(Foto: wanita.me)

Rinadly merupakan dalang dibalik kostum 3.500 penari dalam ketiga segmen tarian bumi, api dan energi. Rinaldy juga bertanggung jawab atas aksesoris-aksesories yang digunakan oleh penanyi pengisi acara pembukaan Asian Games, dari mulai Anggun hingga Rosa.  Sama seperti Dynand Fariz, Rinaldy juga pernah dipercaya untuk membuat kostum bertema “Orang Utan” pada peragaan busana Miss Universe 2017.

Nah itulah 7 dalang hebat dibalik meriahnya pembukaan Asian Games 2018. Ternyata dengan kemampuan talenta warga Indonesia, kita juga bisa membuat acara pembukaan skala Internasional yang berhasil memukau seluruh dunia. Jadi tidak sabar ya menunggu upacara penutupan untuk melihat kehebatan mereka lagi?

Sumber: Kumparan.com

#SUpayaKItaTAhu
#7DalangHebatDibalikMeriahnyaPembukaanAsianGames2018
#Terkini

Tags: Acara pembukaan Asian Games 2018, Addie MS, Asian Games 2018, Denny Malik, Dynand Fariz, Eko Supriyanto, Rinaldy Yunardi, Ronald Steven, Wisnuhutama

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 shares