7 Alasan Mengapa Menjadi Relawan Akan Mengubah Hidupmu

7 Alasan Mengapa Menjadi Relawan Akan Mengubah Hidupmu

Di hari relawan sedunia ini ada baiknya kita mempertimbangkan ikut bersumbangsih pada masyarakat dengan melakukan kegiatan sosial. Menjadi relawan tidak hanya mengubah hidup orang lain saja loh, menjadi relawan juga akan mempengaruhi caramu memandang hidup. Tak percaya? Ini adalah 7 alasan mengapa menjadi relawan akan  mengubah hidupmu.

1. Mengenal banyak orang yang membuatmu sadar kalau hidup itu butuh orang lain

Di jaman sekarang yang serba mudah karena teknologi kadang kita lupa kalau hidup bukan hanya untuk diri sendiri. Mengabdikan diri untuk masyarakat akan membuatmu belajar untuk meredam ego dan membantumu untuk lebih menghargai keberadaan orang lain. Menjadi relawan juga bisa membuat hidupmu terasa lebih berharga karena mengetahui bahwa kehadiran kita ternyata berarti untuk orang lain.

2. Pergi ke tempat-tempat baru yang tidak pernah kamu pikir akan kamu datangi sebelumnya

Menjadi relawan memungkinkan kamu untuk pergi lain yang berbeda dari zona nyamanmu. Tidak hanya pergi ke pedalaman hutan tanpa sinyal HP dan listrik, tempat penampungan hewan atau lokasi bencana alam, kamu juga berkesempatan untuk berpergian ke tempat-tempat indah seperti pantai di pulau terpencil ataupun air terjun di hutan. Mungkin pada awalnya pergi ke tempat-tempat seperti itu terasa tak nyaman dan membuatmu gugup, tapi selalu ada hal yang bisa kamu pelajari dari tempat baru.

3. Belajar mengatasi masalah dalam kondisi apapun

Saat sedang mengabdi jadi relawan kadangkala akan menghadapi masalah tak terduga yang biasanya tidak akan ditemui di kehidupan sehari-hari di kota. Misalnya bagaimana cara mandi tanpa sabun, cara mencari makanan di hutan ataupun cara menemukan air bersih. Dengan belajar memecahkan masalah, kamu sedang mengasah kreatifitas dan keterampilanmu untuk menghadapi masalah-masalah lain yang akan temui di masa depan.

4. Belajar mensyukuri hal-hal kecil dalam hidup

Menjadi relawan memungkinkanmu untuk bertemu dengan berbagai orang-orang tegar untuk terus menjalani hidup dan mengejar mimpi meskipun banyak kondisi yang menghalanginya. Melihat mereka yang pantang menyerah bisa membuatmu menyadari bahwa banyak hal yang selama ini kamu anggap sebagai masalah ternyata hanya hal-hal kecil yang bisa kamu atasi dengan mudah. Belajar dari mereka, kamu jadi semakin sadar betapa beruntungnya hidup sepertimu di dunia ini.

5. Menyadari kalau banyak hal yang lebih penting daripada uang, status dan gelar

Hidup di dunia serba cepat yang menuntutmu untuk selalu tampil maksimal dan lebih baik dari orang lain itu melelahkan. Kamu sebenarnya hanyalah seorang manusia lainnya yang ingin dihargai dan disayangi tanpa embel-embel kekayaan, status maupun gelar yang kamu sandang. Dengan membantu teman-teman lain yang berada dalam titik rendahnya, kamu bisa semakin menghargai orang dan hal-hal non materi yang mungkin terlupakan saat hidup di kota. Misalnya nyawa, kasih sayang, kerja keras, integritas dan kebahagian orang lain

6. Memperkaya pengalaman hidup dan jaringan pertemanan

Setiap tempat punya cerita, semua orang punya kisah. Menjadi relawan membuatmu semakin kaya akan pengalaman hidup dan mempererat tali persaudaraan dengan banyak orang-orang hebat dan kuat di berbagai wilayah. Bukan tak mungkin loh suatu saat nanti ketika kamu butuh bantuan, mereka akan jadi orang pertama yang mengulurkan tangannya padamu.

7. Mengenal dirimu lebih dalam

Pergi ke tempat baru, menghadapi orang dengan berbagai macam karakter dan di uji dengan banyak masalah akan menunjukkan karakter asli dari seseorang. Menjadi relawan akan membantumu menyadari hal-hal kecil tentang dirimu yang selama ini tak disadari. Kamu jadi semakin paham tentang karaktermu serta kelebihan dan kekurangmu. Dengan begitu kamu bisa mengembangkan diri lagi untuk menjadi lebih baik.

#SUpayaKItaTAhu
#Relawan
#Motivasi

Tags: MOTIVASI, Relawan, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 shares