Hamil Muda? Ikuti 6 Tips Menjaga Kehamilan dari Kementerian Kesehatan

Tips Menjaga Kehamilan

Kehamilan adalah anugerah dari Tuhan. Keberadaan si kecil dalam perut ibu menjadi hal yang diimpi-impikan oleh banyak pasangan. Setelah mendapatkan kabar bahagia hadirnya janin dalam rahim, ada banyak hal yang harus dilakukan sang ibu demi menjaga kandungannya. Apa yang dilakukan dan apa yang dikonsumsi oleh ibu sepanjang hamil akan perkembangan janin dalam kandungan. Ibu dan ayah harus sama-sama menjaga kehamilan agar sang bayi bisa lahir dalam kondisi sehat dan cerdas.

Berikut 6 tips menjaga kehamilan dari Kementerian Kesehatan:
Tips Menjaga Kehamilan
(Foto: pinterest.com)

Nah, itulah 6 tips menjaga kehamilan dan Kementerian Kesehatan Indonesia. Seorang ibu hamil perlu menjaga makanannya dan memakan jenis-jenis makanan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kondisi tubuh ibu seperti sayur singkong, ikan, kacang-kacangan dan menambah konsumsi vitamin. Jangan anggap remeh penyakit apapun saat hamil, segera berobat ke rumah sakit ketika ibu merasa terkena demam atau flu.

Selain mengusap perut, simulasi janin bisa dilakukan  dengan cara mendengarkan musik bersama, membacakan cerita dan mengajak janin bebicara. Jika ibu sudah memiliki anak sebelumnya, mengajak kakak juga penting dalam simulasi janin. Selain membantu perkembangan janin, komunikasi kakak dengan adiknya yang masih di dalam perut bisa membantu kakak membangun kedekatannya dengan adik dan mengurangi resiko penolakan ataupun sibling rivalry saat sang adik lahir.

Selain keenam tips diatas, ibu hamil juga perlu membersihkan karang gigi ibu, minum susu kehamilan dan selalu bergerak dengan hati-hati sepanjang masa kehamilan. Jangan ragu untuk bertanya pada dokter jika kamu memiliki pertanyaan atau mengalami kondisi yang tidak biasa. Ikuti semua saran dari dokter untuk menjaga kondisi kandungan. Jika kamu termasuk orang yang memiliki kondisi keuangan menengah kebawah, segera daftarkan diri untuk mengikuti BPJS sejak hamil muda agar biaya persalinan bisa lebih terjangkau.

Ayah juga harus menjadi ayah yang siaga. Selalu perhatian dengan kondisi ibu dan siap dihubungi ketika ada masalah pada janin. Akan sangat baik jika ayah juga ikut setiap kali ibu kontrol ke bidan atau dokter agar mengetahui perkembangan si kecil sejak dari hari ke hari.

Semoga anak-anakmu tumbuh dengan sehat dan cerdas ya teman-teman SUKITA ID!

#SUpayaKItaTAhu
#TipsMenjagaKehamilan
#Tips

Tags: Kehamilan, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 shares