6 Destinasi Tur Museum Jakarta yang Seru Dikunjungi untuk Keluarga

Tur Museum Jakarta

Museum mungkin menjadi pilihan destinasi jalan-jalan nomor sekian saat kita memilih tempat wisata untuk dikunjungi saat liburan. Padahal di museum, teman-teman SUKITA ID bisa menghabiskan waktu bersama keluarga untuk berlibur sambil belajar. Biaya masuk museumpun cenderung tidak mahal sehingga kamu bisa mengajak banyak orang untuk pergi ke sana.

Agar weekend bareng keluarga makin seru, coba pergi ke 6 destinasi tur museum Jakarta ini!
1. Museum Basoeki Abdullah
Tur Museum Jakarta
(Foto: bhinnekashuttle.com)

Jika kamu sedang mencari museum seni, kamu mungkin ingin mengunjungi Museum Basoeki Abdullah. Museum peninggalan pelukis Basuki Abdullah ini terletak di Jalan Keuangan Raya No. 19 Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Disini kamu bisa melihat koleksi lukisan, patung, topeng, wayang, buku senjata dan koleksi pribadi lainnya yang memiliki nilai sejarah dan seni yang tinggi. Museum ini cocok sekali untuk untuk keluarga yang menyukai seni.

2. Museum Bank Indonesia
Tur Museum Jakarta
(Foto: gulalives.co)

Museum Bank Indonesia adalah De Javasche Bank yang menjadi cikal bakal bank negara yang kita kenal saat ini. Museum ini terletak di Jalan Pintu Besar Utara No.3 Jakarta Barat. Museum ini menyajikan informasi peran Bank Indonesia dalam perjalanan sejarah bangsa yang dimulai sejak sebelum kedatangan bangsa barat di Nusantara hingga terbentuknya Bank Indonesia pada tahun 1953. Koleksi uang dan dokumen penting mengenai keuangan ditampilkan secara tradisional ataupun menggunakan teknologi. Ini bisa jadi tempat menarik untuk berlibur sambil belajar mengenai sejarah Indonesia dan pentingnya uang bagi anak atau adik-adik.

3. Museum Fatahillah
Tur Museum Jakarta
(Foto: duniaserba-serbi.blogspot.com)

Museum Fatahillah memiliki nama resmi Museum Sejarah Jakarta. Museum bersejarah ini terletak Jalan Taman Fatahillah No. 1, Jakarta Barat dan berada di komplek Kota Tua. Museum ini merupakan Balai Jakarta di masa Pemerintahan Belanda yang penuh dengan sejarah masa lalu. Ada tempat beristirahat dan bermain sepeda di depan museum yang bisa dimanfaatkan untuk piknik. Selain Museum Fatahillah, ada beberapa museum lainnya di komplek Kota Tua lainnya yang bisa didatangi seperti Museum Wayang dan Toko Merah yang cocok untuk tempat berfoto.

4. Museum Nasional Indonesia
Tur Museum Jakarta
(Foto: hargatiket.net)

Jika kamu ingin belajar tentang sejarah Indonesia di masa lalu, kunjungilah Museum Nasional Indonesia. Museum yang dikenal sebagai sebagai Museum Gajah ini memiliki banyak sekali koleksi kebudayaan dan peninggalan bersejarah dari berbagai wilayah Indonesia di masa kerajaan dan masa penjajahan Indonesia. Ada juga hasil kerajinan dari luar negeri yang bisa kita lihat untuk mempelajari kebudayaan dunia. Selain belajar sejarah, jalanan di dekat museum juga terasa segar dan bersih karena ditumbuhi banyak foto. Halaman depan Museum Gajah juga terlihat modern dengan patung dan monumen yang cantik. Ini bisa jadi tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan weekend bersama keluarga.

5. Museum Layang-Layang
Tur Museum Jakarta
(Foto: sindonews.com)

Museum Layang-Layang adalah museum layang-layang pertama di Indonesia. Museum yang terletak Jalan H. Kamang No. 38, Pondok Labu, Jakarta Selatan ini memiliki sekitar 600 koleksi layang-layang dari berbagai ukuran dan bentuk. Ada koleksi miniatur layangan seukuran 2 cm hingga layangan Megaray, salah satu layangan terbesar di Indonesia, yang berukuran 9 x 26 meter .Tak hanya layang-layang tradisional Indonesia, museum ini juga memiliki koleksi sumbangan dari berbagai negara seperti Tiongkok, Jepang, Belanda, Vietnam dan beberapa negara lainnya. Museum ini cocok sekali untuk menjadi destinasi tur museum Jakarta bagi anak-anak yang mencintai layangan dan warna warni.

6. Museum MACAN
Tur Museum Jakarta
(Foto: thejakartapost.com)

Jika kamu anak muda yang menyukai modern art, nama Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara) pasti tak asing bagimu. Museum MACAN terletak di AKR Tower Level MM, Jl. Perjuangan No.5, RT.11/RW.10, Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat. Museum ini baru saja menampilkan koleksi-koleksi terkenal dari Yayoi Kusama yang sangat populer di kalangan anak muda karena warnya yang terlihat hidup dan koleksinya yang unik. Jika kamu ingin mencari hiburan modern untuk keluargamu, museum MACAN adalah pilihan yang tepat.

Nah, itulah 6 destinasi tur museum Jakarta yang bisa kamu tuju saat liburan. Selamat mencoba!

#SUpayaKItaTAhu
#DestinasiTurMuseumJakarta
#Travel

Tags: Museum Bank Indonesia, Museum Basoeki Abdullah, Museum Fatahillah, Museum Layang-Layang, Museum MACAN, Museum Nasional Indonesia, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 shares