5 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Rumah Cepat Terjual

Rumah Cepat Terjual

Apakah teman-teman SUKITA ID ingin menjual rumah? Menjual rumah bukanlah perkara mudah, ada orang yang sudah berusaha memasarkan rumah dari beberapa tahun lalu tapi masih belum bisa terjual juga sampai sekarang. Harga rumah yang tinggi dan banyaknya alternatif tempat tinggal di masa kini membuat rumah sulit terjual. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar rumah cepat terjual.

Inilah 5 hal yang harus teman-teman SUKITA ID perhatikan agar rumah cepat terjual:
1. Bangunan

Apakah ada bagian dirumahmu yang rusak, kurang rapi atau terlihat tak terawat? Atap yang bocor, pintu yang susah di tutup, tembok yang retak atau catnya tekelupas adalah satu dari banyak hal tentang bangunan rumahmu yang bisa membuat pembeli tak tertarik. Seandanyapun tertarik, ada kemungkinan mereka akan menawar rumah dengan harga rendah karena merasa rumahnya butuh banyak perbaikan. Oleh sebab itu maksimalkan penampilan rumahmu dengan renovasi sebelum menjual rumah. Jika rumahnya terlihat masih bagus dan indah, pembeli akan lebih tertarik membeli dan kamu juga bisa menawar harga dengan lebih tinggi.

2. Legalitas

Supaya rumah mudah terjual, lengkapilah dokumen-dokumen tentang rumah untuk memudahkan proses serah terima nanti. Selesaikan masalah dengan ahli waris, bayar pajak dan lengkapi surat kepemilikan rumah. Hal ini penting kamu lakukan untuk menghindari masalah yang bisa muncul saat rumah telah terjual seperti saudara yang tiba-tiba mengaku kamu tak berhak jual rumah dan meminta rumah yang telah dijual untuk dikembalikan. Untuk menghindari masalah ini kamu bisa minta bantuan notaris agar masalah ini bisa selesai sesuai dengan prosedur.

3. Survey harga

Sebelum menentukan harga, coba cek harga jual tanah atau bangunan di daerah dekatmu tinggal. Harga yang terlalu tinggi bisa membuat calon pembelimu kabur sementara harga yang terlalu rendah akan membuatmu rugi. Tentukan dulu harga rumah minimal yang kamu bisa dapatkan sesuai dari kondisi rumahmu lalu tambahkan harganya beberapa persen untuk negosiasi saat menawarkan rumahmu pada calon pembeli.

4. Cek lokasi

Lokasi adalah salah satu hal penting yang jadi pertimbangan dari calon pembeli. Coba teliti di sekitar lingkungan rumahmu, adakah jalan tol, stasiun, mall atau tempat umum lainnya yang mudah dijangkau dari rumahmu? Jika ada, kamu bisa menambahkan deskripsi ini saat menjual rumah untuk menaikkan harga jualnya. Calon pembelipun akan menilai rumahmu lebih tinggi jika mudah diakses dari mana saja.

5. Tempat pemasaran

Dimakah kamu ingin memasarkan rumahmu? Jika kamu ingin memasarkannya dengan obrolan dari mulut ke mulut, memasang iklan di media sosial atau jalanan, kemungkinan besar kamu bisa menjualnya tanpa pengantara namun waktu penjualannya relatif lebih lambat. Jika kamu ingin memasarkannya dengan bantuan agen properti atau makelar tanah, kamu harus memberikan beberapa persen hasil jual rumah untuk mereka namun waktu penjualannya relatif lebih cepat. Ada sisi potif dan negatif yang bisa didapatkan dari setiap cara pemasaran, kamu tinggal memilih mana yang terbaik untukmu.

Nah, itulah 5 hal yang harus diperhatikan agar rumah cepat terjual. Semoga teman-teman SUKITA ID berhasil menjual rumahmu ya!

#SUpayaKItaTAhu
#5HalYangHarusDiperhatikanAgarRumahCepatTerjual
#Tips

Tags: Berjualan, Rumah, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 shares