5 Hal Penting yang Kamu Perlu Lakukan Sebelum Pergi ke Dokter Gigi

Sebelum Pergi ke Dokter Gigi

Apakah teman-teman SUKITA ID sedang berencana untuk pergi ke dokter gigi? Kesehatan gigi sering kali terabaikan oleh kita. Jika tidak sakit, tak jarang orang malas meluangkan waktunya untuk pergi mengecek keadaan gigi mereka ke dokter gigi. Dokter gigi juga identik dengan bunyi-bunyian yang terdengar bikin ngilu sehingga pergi ke dokter gigi terasa lebih menakutkan dibandingkan pergi ke dokter umum. Kedua hal ini tak jarang membuat orang ragu-ragu untuk pergi ke dokter gigi.

Nah, entah karena gigimu sekarang sakit ataupun kini kamu punya kesadaran lebih terhadap kesehatan gigi, mungkin saat ini teman-teman SUKITA ID sedang mengumpulkan keberanian untuk pergi ke dokter gigi. Agar kunjunganmu ke dokter gigi tidak canggung dan bisa berjalan dengan sukses, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan sebelum pergi ke dokter gigi.

Setidaknya ada 5 hal penting yang perlu teman-teman SUKITA ID lakukan sebelum pergi ke dokter gigi, yaitu:
1. Makan
Sebelum Pergi ke Dokter Gigi
(Foto: seruni.id)

Sebelum berangkat ke dokter gigi, ada baiknya kamu makan dulu sampai kenyang. Nanti setelah gigi kamu ditindak oleh dokter, ada kemungkinan kamu akan disuruh puasa dulu sekitar satu hingga tiga jam agar obat atau tambalan gigi bisa bekerja dengan maksimal. Kamu perlu bersiap-siap mengisi perut agar rasa lapar tidak menyerangmu selama masa puasa itu.

2. Minum air yang banyak
Sebelum Pergi ke Dokter Gigi
(Foto: woop.id)

Saat membuka mulut, secara alami kelenjar air liurmu akan bekerja untuk memproduksi air liur. Namun jika kamu kurang cairan, air liur yang diproduksi akan menjadi sangat kental dan menggangu dokter melakukan tugasnya. Banyak minum air akan membantu mengencerkan air liurmu dan mempermudah suction (selang yang dimasukkan ke dalam mulut) untuk menyedot air yang menggenang di rongga mulutmu.

3. Sikat gigi
Sebelum Pergi ke Dokter Gigi
(Foto: iprice.co.id)

Usahakanlah untuk selalu tampil yang terbaik saat ke dokter gigi. Sikatlah gigi dengan bersih dan kumur-kumur agar tidak ada sisa makanan yang menempel di gigi ataupun lidahmu. Sikat gigi sebelum ke dokter gigi juga berfungsi untuk menjaga kebersihan rongga mulut dari bakteri yang bisa membuat infeksi setelah tindakan dilakukan. Selain baik untuk kesehatan rongga mulutmu, kamu juga tidak mau kan dokter berkomentar negatif karena mulutmu berbau tidak sedap? Nah, jangan lupa sikat gigi ya!

4. Buat janji
Sebelum Pergi ke Dokter Gigi
(Foto: rd.com)

Tak selamanya klinik dokter gigi ini bisa menerima banyak pasien. Berbeda dengan dokter umum, waktu yang dibutuhkan untuk sekali kunjungan ke dokter gigi cenderung lama. Sekali tindakan di dokter gigi bisa memakan setengah jam hingga dua jam tergantung dari tingkat kesulitan dari tindakan yang dilakukan. Apalagi jika kamu berencana pergi ke dokter gigi pada hari Sabtu, hari dimana dokter gigi punya jadwal kerja yang lebih singkat dan lebih padat. Nah, untuk menghindari gagalnya kunjungan ke dokter gigi karena jadwal dokter yang sudah penuh, kamu perlu membuat janji dengan dokter gigi.

5. Persiapkan hati
Sebelum Pergi ke Dokter Gigi
(Foto: expertbeacon.com)

Pergi ke dokter gigi bisa menakutkan dan melelahkan. Bunyi bor yang membuat telinga tak nyaman, kunjungan ke dokter yang kemungkinan lebih dari sekali untuk satu gigi, serta menerima diagnosa tidak menyenangkan terhadap kondisi mulutmu bisa membuat teman-teman SUKITA ID merasa down saat pergi ke dokter gigi. Saat hal ini terjadi, kamu tak perlu sedih ataupun merasa malas pergi ke dokter gigi. Ingatlah bahwa gigi adalah salah satu anggota tubuh yang tidak berganti meskipun kamu sudah tua nanti. Oleh sebab itu kamu perlu melakukan tindakan untuk merawat gigi dari sekarang. Jika kamu terus menunda untuk pergi ke dokter gigi, kamu bisa mengalami masalah gigi yang lebih berat nantinya.

Nah, itulah 5 hal yang harus dipersiapkan sebelum pergi ke dokter gigi. Semangat teman-teman SUKITA ID! Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan gigimu ya!

#SUpayaKItaTAhu
#5HalPentingYangKamuPerluLakukanSebelumPergiKeDokterGigi
#Tips

Tags: Dokter Gigi, Gigi, Kesehatan, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 shares