5 Cara Agar Bisa Lepas dari Kecanduan Gadget

Lepas dari Kecanduan Gadget

Nomophobia atau rasa ketakutan saat tidak memengang handphone. Menurut databoks.co.id pengguna handphone di Indonesia mencapai 371,4 juta pengguna atau 143% dari total populasinya 262 juta. Mudahnya akses untuk mendapatkan handphone dan penggunaan media sosial bisa membuat kita kecanduan gadget.

Segala sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik. Handphone yang seharusnya membantu kita untuk memudahkan kehidupan sehari-hari bisa berubah menjadi masalah jika kita tidak bisa lepas dari kecanduan gadget.

Teman-teman SUKITA ID bisa mengikuti 5 cara ini agar bisa lepas dari kecanduan gadget:
1. Matikan notifikasi

Kamu bisa menghabiskan waktu 5 hingga 15 menit untuk berselancar di internet setelah mendapatkan notifikasi. Apalagi jika notifikasi tersebut berasal dari sosial media, kamu bisa menghabiskan waktu lebih banyak untuk menunggu temanmu membalas pesanmu. Permainan dalam handphone juga bisa membuatmu kecanduan dan menghabiskan waktu semalaman untuk bermain dengan handphone.

Tanpa notifikasi, kemungkinan kamu tidak akan terlalu tertarik untuk memainkan handphone. Dengan begitu kamu bisa membatasi waktumu saat mengecek aplikasi yang membuat kecanduan.

2. Nonaktifkan internet

Internet sering menjadi tempat orang-orang untuk membuang rasa bosannya dengan berselancar di dunia maya. Internet bisa membuat kita semakin lama menghabiskan waktu sehingga kecanduan gadget. Mematikan internet akan membatasi beberapa aplikasi yang membuatmu menghabiskan banyak waktu dengan handphone.

3. Unistall aplikasi yang membuat ketagihan

Jika cara 1 dan 2 tidak berhasil, kamu bisa mencoba untuk “hiatus” dari handphone. Kamu bisa menahan keinginan untuk membuka-buka handphone dengan menghapus aplikasi yang membuatmu ketagihan. Kamu menjadikan ini kesempatan untuk mengurangi kecanduanmu terhadap gadget dan menginstalnya kembali jika kamu merasa bisa menjaga diri agar tidak terlalu lama bermain dengan handphone.

4. Jauhkan handphone dari pandangan di saat penting

Kecanduan handphone membuat kita sering kehilangan momen untuk bersama dengan orang-orang penting dalam hidup kita. Setidaknya, saat kamu bersama-sama dengan teman dan keluargamu, cobalah untuk menyimpan handphonemu dalam tas dan menikmati saat-saat manis bersama orang terdekatmu.

5. Ingatlah bahaya handphone

Insomnia, tangan yang kaku, masalah mata, depresi hingga penyakit akibat radiasi handphone adalah masalah yang umum dialami oleh orang dengan kecanduan gadget. Setiap kali kamu terlalu lama bermain handphone, masalah-masalah kesehatan ini semakin dekat denganmu. Kamu perlu mengingat hal ini untuk menjadi motivasi agar lepas dari kecanduan gadget.

Nah, itulah 5 cara agar bisa lepas dari kecanduan gadget. Selamat mencoba!

Sumber: cermati.com

#SUpayaKItaTAhu
#5CaraAgarBisaLepasDariKecanduanGadget
#Tips

Tags: Handphone, Kecanduan, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares