20 Maskapai Paling Aman di Dunia, 7 Diantaranya Berasal dari Asia

Maskapai Paling Aman di Dunia

AirlineRating.com baru saja merilis daftar maskapai paling aman di dunia pada Kamis (1/11). AirlinesRating.com telah menyeleksi daftar 20 maskapai paling aman di dunia diantara 409 maskapai yang beroperasi saat ini. Ada beberapa hal yang dievaluasi, seperti kepatuhan maskapai terhadap aturan internasional, rekam jejak kefatalan kecelakaan dalam 10 tahun belakangan, usia armada, hasil audit keselamatan Asosiasi Transportasi Udara (IATA) dan kepatuhan negara asal maskapai terhadap delapan poin parameter yang ditetapkan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO).

Meskipun Indonesia masih belum bisa masuk daftar maskapai paling aman di dunia, setidaknya ada 7 maskapai asal Asia yang masuk ke dalam daftar ini. Maskapai Eropa juga ikut mendominasi daftar 20 maskapai teraman di dunia dengan 8 maskapainya. Sementara itu maskapai asal Amerika Utara dan Afrika masih belum masuk daftar ini.

Berikut daftar 20 maskapai paling aman di dunia menurut AirlineRatings.com sesuai dengan urutan abjad:
  1. Air New Zealand. Maskapai penerbangan asal Selandia baru ini telah mendapatkan gelar maskapai terbaik di dunia selama tiga tahun berturut-turut. Air New Zealand tidak mengalami kecelakaan yang signifikan selama beberapa dekade belakangan ini.
  2. Alaska Airlines. Maskapai penerbangan asal Seattle, Amerika Serikat didirikan dengan nama McGee Airways tahun 1932 dan beroperasi dengan nama Alaska Airlines sejak tahun 1994. Alaska Airlines tidak pernah mengalami kecelakaan fatal sejak tahun 2000.
  3. All Nippon Airways. Sejak berdiri tahun 1954, All Nippor Airways selalu dihormati karena konsistensi dan pelayanan berkualitas mereka. Skytrax menempatkan All Nippon Aiways sebagai maskapai terbaik di dunia urutan keenam tahun 2017. Maskapai asal Jepang ini tidak pernah mengalami kecelakaan fatal selama 45 tahun terakhir.
  4. British Airways. British Airways didirikan tahun 1974 ketika British Overseas Airways Corporation dan British European Airways menyatu. Maskapai asal Inggris ini tidak pernah mengalami kecelakaan fatal selama 30 tahun terakhir.
  5. Cathay Pacific. Tak hanya aman, Cathay Pacific juga termasuk dalam 10 besar maskapai terbaik di dunia. Maskapai asal Hong Kong ini tidak pernah mengalami kecelakaan besar sejak tahun 1960-an.
  6. Emirates. Emirates adalah salah maskapai komersil terbesar di dunia sejak 20 tahun belakangan. Maskapai asal Uni Emirat Arab ini telah dikenal sebagai penerbangan dengan kualitas pelayanan yang tinggi dan catatan keselamatan penerbangannya. Emirates hanya pernah mengalami satu kali kecelakaan sejak didirikan 31 tahun lalu.
  7. Etihad. Maskapai asal Uni Emirat Arab ini baru mulai beroperasi tanggal 3 November 2003. Meskipun masih bisa dibilang baru, Etihad telah menjadi salah satu maskapai paling berpengaruh di dunia.
  8. Eva Air. Eva Air merupakan salah satu maskapai terbaik di Asia. Maskapai asal Taiwan ini tidak pernah mengalami kecelakaan besar sejak didirikan tahun 1988.
  9. Finnair. Maskapai nasional Finlandia ini merupakan salah satu maskapai dengan catatan terbaik dalam dunia penerbangan. Finnair tidak pernah mengalami kecelakaan besar sejak tahun 1960-an.
  10. Hawaiian Airlines. Maskapai yang berbasis di Honolulu, Hawaii ini merupakan salah satu maskapai terbaik di Amerika Serikat. Hawaiian Airlines tidak pernah mengalami kecelakaan fatal sejak didirikan tahun 1929.
  11. Japan Airlines. Maskapai nasional Jepang ini tidak pernah mengalami kecelakaan fatal selama 30 tahun belakangan sejak didirikan tahun 1951.
  12. KLM. KLM Maskapai tertua dan paling terpecaya di dunia ini didirikan tahun 1919. Maskapai nasional Belanda ini tidak mengalami kecelakaan yang berarti sekitar 40 tahun belakangan.
  13. Lufthansa. Maskapai asal Jerman ini baru saja dinobatkan sebagai pesawat dengan jam penerbangan lama terbaik oleh AirlinesRating.com. Lufthansa tidak mengalami kecelakaan fatal sejak tahun 1993.
  14. Qantas. Maskapai asal Australia ini tidak mengalami kecelakaan fatal sejak tahun 1951 selama 96 tahun mengudara.
  15. Royal Jordanian Airlines. Maskapai asal Yordania ini tidak pernah mengalami kecelakaan besar sejak 30 tahun terakhir sejak berdiri tahun 1963.
  16. Scandinavian Airlines. Maskapai nasional Denmark, Norwegia dan Swedia ini didirikan tahun 1946. Kecelakaan pesawat fatal yang pernah dialami Scandinavian Airlines terjadi 17 tahun lalu pada tahun 2001.
  17. Singapore Airlines. Skytrax menobatkan maskapai asal Singapura ini sebagai maskapai terbaik kedua di dunia. Singapore Airlines tidak mengalami kecelakaan yang berarti sejak tahun 2000.
  18. Swiss Internasional Air Lines. Maskapai asal Swiss ini didirikan tahun 2002 sejak pendahulunya Swissair bangkrup. Tahun 2007 Swiss International Air Lines telah bergabung dengan grup Lufthansa. Maskapai ini tidak pernah mengalami kecelakaan sejak didirikan.
  19. Virgin Atlantic. Maskapai asal Inggris ini telah beroperasi sejak 22 Juni 1984 dan tidak pernah mengalami kecelakaan fatal sepanjang sejarah beroperasi.
  20. Virgin Australia. Maskapai asal Australia ini didirikan tahun 1999 sebagai penerbangan murah bernama Virgin Blue. Salah satu maskapai teraman di dunia ini tidak pernah mengalami kecelakaan fatal sejak berubah nama menjadi Virgin Australia tahun 2011.

Nah itulah 10 maskapai paling aman di dunia. Jika teman-teman SUKITA ID ingin berlibur ke luar negeri dengan aman, coba saja salah satu maskapai diatas.

Sumber: Businessinsider.sg

#SUpayaKItaTAhu
#MaskapaiPalingAmanDiDunia
#Travel

Tag: , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 shares