Wah, Batik Tulis Sabet Penghargaan Produk Baru Terbaik dalam Pameran Kriya di New York

Batik tulis asal Indonesia menuai apresiasi dari pameran produk kerajinan atau kriya di New York, Amerika Serikat. Batik Indonesia diwartakan menyabet penghargaan kategori Produk Baru Terbaik dalam pameran yang dinamakan NY Now 2018 tersebut. Pameran berskala internasional ini kabarnya berlangsung dari tanggal 13 hingga 15 Agustus 2018 di Jacob Javits Convention Center, New York, AS.

Batik tulis yang memperoleh penghargaan tersebut kabarnya diproduksi oleh Galeri Batik Jawa Natural Indigo Batik asal Yogyakarta. Dilansir dari jawapos.com, batik tersebut dinamai Kembang Kopi Sekar Jagad. Kain batik tersebut memiliki warna kebiruan dengan perpaduan motif klasik dan biji kopi. Penghargaan atas batik ini diberikan kepada pendiri Galeri Batik Jawa, Mayasari Sekarlanti.

Produk kerajinan Indonesia berhasil memukau dunia internasional

Selain memenangkan penghargaan bergengsi, produk kerajinan asal Indonesia ternyata juga mendapat sambutan baik dari para pembeli. Beberapa pengrajin asal Indonesia dikabarkan sukses mengadakan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar dunia. Salah satu perusahaan yang menaruh minat pada kerajinan Indonesia di antaranya adalah Walmart.

“Perusahaan-perusahaan seperti ABC Home and Carpet, Citizenry, Bloomingdales, Target, Walmart dan berbagai perusahaan global lainnya menyampaikan rencana kerja sama dengan perajin-perajin Indonesia untuk menghadirkan produk kerajinan Indonesia di semua jaringan perusahaan mereka di AS dan di dunia,” kata KJRI New York melalui keterangan resminya, Rabu (22/8/2018), dikutip dari detik.com.

“Setiap tahunnya hasil yang dicapai para pengrajin semakin baik. Tahun ini, seluruh pengrajin mendapatkan pembeli/buyers bahkan banyak pengrajin yang langsung mendapatkan pemesanan pada saat pameran bernilai total lebih dari setengah milyar rupiah,” lanjut KJRI New York.

Dilansir dari kompas.com, sebanyak 17 pelaku ekonomi kreatif asal Indonesia dikabarkan mengikuti acara pameran kriya ini. Mereka semua menghasilkan berbagai produk unik khas Indonesia dengan gaya kontemporer. Seluruh produk ciptaan pengrajin Indonesia yang dipamerkan dalam acara ini kabarnya telah melewati proses kurasi. Hal tersebut ditujukan agar produk yang ditampilkan dapat sesuai dengan selera pasar global sehingga membuka peluang terjadinya transaksi di lokasi pameran. Calon pembeli dalam pameran ini berasal dari berbagai kalangan, mulai dari perusahaan global, desainer interior, butik, toko ritel, perhotelan, dan lain-lain.

Bagaimana reaksi teman-teman SUKITA ID setelah mendengar kabar bahwa produk Indonesia disambut baik dunia internasional? Bangga sekali, bukan?

#BatikTulisIndonesiaSabetPenghargaandiNewYork
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Batik, SUpayaKItaTAhu, Terkini

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 share