Video Ruangan Bertangga Tanpa Ujung, Asli atau Palsu?

Video Ruangan Bertangga Tanpa Ujung, Asli atau Palsu

Adakah teman-teman SUKITA ID yang pernah melihat desain ruangan bertangga tanpa ujung buatan Escher? Desain The Escherian Starwell atau ruangan bertangga tanpa ujung ini diketahui sebagai desain ruangan yang mustahil untuk diciptakan. Istilah “Escherian” mengacu pada penggambar dan pencetak desain bangunan ini, M.C Escher.

Video Ruangan Bertangga Tanpa Ujung, Asli atau Palsu
The Escher Stairwell (Foto: pinimg.com)

Banyak pihak memaparkan bahwa desain ruangan ciptaan Escher tidak mungkin untuk direalisasikan. Desain tersebut diketahui mengandung objek yang mustahil untuk diwujudkan serta elemen arsitektur paradoks seperti tangga tanpa ujung. Desain ini dipercaya hanya mampu direalisasikan dalam bentuk 2 dimensi, namun tidak memumngkinkan untuk 3 dimensi.

Di Rochester Institute of Technology, seorang arsitek asal Filipina bernama Rafael Nelson Aboganda diketahui mencoba merealisasikan desain tangga ajaib milik Escher tersebut di kehidupan nyata. Percobaan ruangan bertangga tersebut direkam di dalam sebuah video. Di dalam video tersebut, juga terdapat mahasiswa yang terkejut tidak percaya saat mencoba menaiki tangga tanpa akhir tersebut. Mahasiswa tersebut terlihat terkagum-kagum sekaligus bingung di saat memahami desain ruangan ini.

Penasaran seperti apa video ruangan bertangga karya Rafael tersebut? Berikut adalah video yang dimaksud:

Meskipun demikian, tidak sedikit pihak menganggap video ini hasil rekayasa semata. Video ini dikatakan berhasil menipu para penontonnya melalui pengambilan sudut kamer yang cerdas, editing yang rapi, serta penggunaan efek khusus. Video ini juga diduga percaya berhasil menjaring banyak penonton lewat akting para aktor dan aktrisnya yang sangat meyakinkan.

Setelah video ini menuai kontroversi di berbagai tempat, kreator video ini akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi seputar video ruangan bertangga tersebut. Ia mengaku bahwa bahwa video ini adalah hasil rekayasa. Desain ruangan bertangga milik Escher belum bisa diwujudkan hingga saat ini.

Dengan demikian, terbukti sudah bahwa desain ciptaan Escher masih belum dapat direalisasikan dalam bentuk 3 dimensi. Ngomong-ngomong, selamat bagi kalian yang sudah sudah berhasil menebak apabila video ini palsu!

#SUpayaKItaTAhu

 

Tag: , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 shares