Usai Tutup 35 Tahun, Bioskop Arab Saudi Kembali Dibuka dengan Posisi Pria dan Wanita Tak Dipisah

Usai Tutup 35 Tahun, Bioskop Arab Saudi Kembali Dibuka dengan Posisi Pria dan Wanita Tak Dipisah

Pemerintah Arab Saudi diwartakan akan kembali membuka bioskop pada tanggal 18 April 2018 setelah 35 tahun tutup. Bioskop di negara tersebut terakhir kali dibuka untuk umum pada tahun 1970. Pembukaan bioskop di Arab Saudi ini diketahui merupakan bagian dari kerja sama negara tersebut dengan jaringan bioskop terbesar bernama AMC. Melalui hasil kesepakatan ini, sebanyak 40 bioskop akan dibuka di 15 kota Arab Saudi dalam kurun waktu 5 tahun.

Tidak seperti fasilitas umum Arab Saudi pada umumnya, gedung bioskop dikabarkan tidak memisahkan tempat duduk wanita dan pria. Film pertama yang akan tayang di bioskop Arab Saudi adalah Black Panther. Pembukaan kembali bioskop di Arab Saudi ini diketahui merupakan dampak dicabutnya larangan menonton di bioskop pada pada tahun 2017 lalu. Kebijakan tersebut diambil oleh pemerintah Arab Saudi dalam rangka menempuh reformasi ekonomi dan sosial yang digembar-gemborkan oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

“Ini menandai momen penting dalam perkembangan ekonomi budaya di kerajaan. Dibukanya sebuah bioskop ini ditunjukkan untuk pertumbuhan ekonomi dan sekaligus keanekaragaman. Dengan mengembangkan sektor budaya yang lebih luas, kami akan menciptakan peluang kerja dan pelatihan baru, serta memperbanyak pilihan jenis hiburan di kerajaan,” ucap Awwad Alawwad, Menteri Budaya dan Informasi Arab Saudi, seperti yang dimuat dalam laman theguardian, seperti yang dikutip oleh pikiran-rakyat.com.

Dilansir dari okezone.com, sekitar 350 bioskop dengan jumlah layar lebih dari  2.500 akan didirikan pada tahun 2030. Pembangunan ini dimaksudkan sebagai sarana hiburan bagi 32 juta orang penduduk Arab Saudi dengan sebagian besar penduduk berada di bawah usia 30 tahun. Dana yang diharapkan terkumpul melalui pembangunan bioskop ini adalah sebanyak 1 miliar dollar AS utuk setiap tahun.

Bioskop terindah di dunia

Chief Executive Officer (CEO) AMC Adam Aron mengatakan bioskop AMC pertama berada di Distrik Keuangan Raja Abdullah yang berlokasi pada gedung bekas aula konser. Gedung bioskop utama diberitakan mempunyai 500 kursi kulit, orkestra, balkon, beserta kamar mandi marmer. Menurut Aron, bioskop ini akan menjadi bioskop terindah yang pernah ada di dunia.

Pembangunan bioskop ini juga menuai kontra dari sejumlah pihak. Salah satu orang yang diketahui mengkritik pembangunan bioskop ini adalah Mufti Besar Syeikh Abdil Aziz Al al-Syeikh. Pada awal tahun ini, ia menganggap kehadiran bioskop akan melahirkan ‘kebejatan’ yang dapat merusak moral masyarakat.

Apakah teman-teman SUKITA ID berniat untuk mencoba menonton di bioskop Arab Saudi suatu hari nanti?

#BioskopBaruArabSaudi
#SUpayaKItaTAhu

Tag: , , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 share