Unik, Api di Tempat Ini Tak Pernah Mati meski Terus Diguyur Hujan

Unik Api di Tempat Ini Tak Pernah Mati meski Terus Diguyur Hujan

Sebagaimana yang kita tahu, api tentu akan padam apabila terguyur hujan atau terkena air biasa. Apabila volume api besar, maka jumlah air yang dibutuhkanuntuk memadamkannya pun harus bertambah lebih banyak. Air dapat menyebabkan api bertambah besar bahkan menjalar ke berbagai tempat apabila air tersebut mengandung minyak ataupun bensin.

Hal ini ternyata tidak berlaku untuk api yang berlokasi di Madura. Api yang terletak di Desa Larangan Toko, Kecamatan Tianakan, Kabupaten Pamekasan Madura tersebut diketahui tidak pernah padam setiap waktu meski diguyur hujan atau air.

Penduduk setempat menjuluki api tersebut sebagai “api abadi”.

(Foto: tempat.co.id)

Api misterius ini diketahui muncul di 50 titik yang berbeda. Kemunculan api ini tentu menghebohkan warga Madura hingga seluruh Indonesia. Mereka yang penasaran dengan fenomena ini pun mendatangi tempat api abadi secara langsung. Sejumlah pengunjung bahkan terlihat memanfaatkan api abadi ini untuk memasak.

Api abadi ini juga ramai didatangi pedagang jagung. Kehadiran api ini dimanfaatkan mereka untuk membakar jagung yang nanti dijual ke pengunjung sekitar. Pedagang jagung ini membakar jagung dagangan mereka tepat di atas semburan api yang sedang menyala. Jagung yang dibakar di api tersebut diketahui memiliki rasa yang sama dengan jagung yang dibakar pada umumnya. Jadi, tidak ada keanehan yang terasa pada makanan yang dibakar di tempat itu.

Api yang tak kunjung padam ini ternyata juga memiliki mitos. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, api abadi ini pertama kali ditemukan oleh seseorang bernama Ki Mok. Banyak penduduk meyakini Ki Moko memiliki kelebihan serta kesaktian di atas manusia rata-rata. Ia juga diceritakan sebagai salah satu tokoh penyebar Islam.

Unik Api di Tempat Ini Tak Pernah Mati meski Terus Diguyur Hujan
(Foto: panoramio.com)

Kemunculan api abadi ini diduga bermula saat Ki Moko dikisahkan sedang mempersunting seorang putri yang berasal dari Palembang. Gelapnya keadaan di sekitar mereka berdua diketahui membuat Ki Moko menancapkan tongkatnya ke tanah. Bekas tancapan tongkat Ki Moko tersebut dipercaya mengeluarkan api abadi yang tak pernah padam hingga sekarang.

Sejumlah peneliti diketahui pernah menelusuri api misterius ini. Mereka menduga api ini disebabkan oleh semburan gas yang terdapat di sekitar tempat ini. Setelah dilakukan pengecekan, gas ternyata tidak ditemukan sama sekali di area api abadi. Terdapat kabar lain mengatakan api tersebut tercipta dari gesekan antara oksigen dengan tanah kawasan di tersebut yang mengandung belerang. Akan tetapi, hal ini masih belum dapat dikonfirmasi benar atau salah.

#ApiyangTakPernahPadamdiMadura
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Api yang Tak Pernah Padam, Mistis, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares