Tukar Nyawa Anak Demi Datangkan Hujan: Ritual Mistis Suku Aztec

Sejumlah ritual adat yang dilakukan masyarakat suku pedalaman seringkali terdengar aneh dan mengerikan bagi masyarakat awam. Ritual yang berkaitan dengan hal-hal mistik tersebut tak jarang diwujudkan dengan berbagai cara ekstrim, salah satunya dengan mengorbankan nyawa manusia. Kehadiran tumbal manusia dalam beberapa ritual adat menjadi suatu keharusan agar tujuan dari ritual tersebut tercapai.

Salah satu suku pedalaman yang menjadikan manusia sebagai tumbal dalam ritual adat adalah suku Aztec yang terletak di Meksiko. Suku yang diperkirakan sudah ada sejak abad ke-13 ini dipandang sebagai suku yang kaya akan budaya. Dilansir dari okezone.com, kekaisaran Suku Aztec dirubuhkan oleh conquistador Spanyol Hernan Cortes pada tahun 1521.

Suku Aztec dikenal sering melakukan ritual tumbal manusia. Ritual pengorbanan nyawa manusia tersebut kabarnya dilakukan sebagai bentuk pelunasan hutang atau memberikan sajian kepada Tuhan. Ribuan orang diperkirakan mati setiap tahunnya berkat ritual mematikan ini. Sejumlah sejarawan bahkan memprediksi ada sekitar 20 ribu orang kehilangan nyawa per tahun karena tradisi ini.

Salah satu tempat yang dijadikan Suku Aztec suntuk menjalankan ritual tumbal manusia adalah kuil Tlaloc yang terletak di Tenochtitlan. Tlaloc merupakan nama dewa hujan dan petir yang konon diceritakan haus akan nyawa anak-anak. Setiap akhir musim dingin, penduduk Aztec membawa anak-anak mereka ke dalam kuil tersebut untuk dijadikan sebagai tumbal.

Anak-anak dipaksa mengeluarkan air mata saat hendak dikorbankan

Anak-anak tersebut nantinya dipaksa mendaki puncak altar untuk dikorbankan. Menurut kepercayaan masyarakat Aztec, tangisan yang dikeluarkan anak-anak tersebut saat mereka dikorbankan akan mendatangkan berkah dalam bentuk hujan dari Tlaloc. Apabila anak-anak tersebut tidak menangis, para orang tua diketahui akan terus menyiksa mereka hingga mengeluarkan air mata.

Ritual tidak berhenti sampai di situ. Mayat anak-anak tersebut kemudian dibawa ke sebuah altar khusus yang berlokasi di pinggir kota. Di tempat tersebut, mayat anak-anak tadi akan dibiarkan membusuk hingga akhirnya menghilang dengan sendirinya akibat terkena sinar matahari dan hujan. Seram sekali, ya?

Apakah teman-teman SUKITA ID mengetahui ritual pengorbanan manusia yang tak kalah menyeramkan dengan ritual Suku Aztec ini?

#RitualPengorbananAnakSukuAztec
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Aztec, Mistis, Ritual Adat, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares