Taksi di China Kini Tawarkan Barang Dagangan kepada Penumpang

Taksi di China Kini Tawarkan Barang Dagangan kepada Penumpang

Aktivitas berbelanja kini tidak hanya dapat dilakukan di pasar atau toko swalayan, melainkan juga di dalam taksi. Hal tersebut telah diterapkan oleh sebuah perusahaan start up bidang teknologi di China. Sebanyak 400 mobil taksi di kota Shenzen, China, dikabarkan telah disulap menjadi toko dagang keliling oleh perusahaan tersebut.

Berdasarkan informasi dalam laman oeee.com yang dikutip kompas.com, barang dagangan yang dijual di dalam taksi tersebut cukup variatif. Barang-barang yang diperdagangkan  di antaranya adalah makanan dan minuman ringan, payung, jas hujan, serta powerbank. Semuanya dijual untuk melengkapi perjalanan setiap penumpang taksi.

“Saya belum pernah melihat hal seperti ini sebelumnya. Begitu banyak makanan ringan di dalam taksi,” tutur seorang penumpang, dilansir dari kompas.com, hari Sabtu (7/4/2018) kemarin.

Reputasi Shenzen sebagai kota dengan teknologi tinggi

Kota Shenzen dikenal sebagai kota yang maju dalam bidang teknologi. Kota yang terletak di pusat provinsi Guangdong tersebut diwartakan banyak dijadikan sebagai markas utama perusahaan teknologi tinggi China. Sikap warga Shenzen yang telah terbiasa dengan teknologi juga tercermin dalam transaksi yang mereka lakukan saat menaiki taksi berisi barang dagangan tersebut. Banyak dari mereka diketahui tidak melakukan pembayaran secara tunai, melainkan dengan aplikasi ponsel yang menerapkan sistem pemindaian kode pada barang yang dibeli.

Barang dagangan yang tersedia di dalam taksi tersebut diambil langsung oleh para sopir dari pemasok. Hal tersebut dimaksudkan agar mereka mendapatkan harga yang lebih murah dari biasanya. Barang-barang tersebut kemudian ditata dalam sebuah rak seharga 200 yuan atau senilai Rp400.000. Umumnya, para sopir mendapatkan keuntungan sekitar 15 persen dari barang dagangan mereka.

Ide taksi toko ini awalnya tercipta saat perusahaan memikirkan bagaimana caranya agar penumpang memiliki barang yang mereka butuhkan tanpa harus berhenti di toko. Mereka kemudian berpikir untuk menyediakan kebutuhan yang biasanya dicari oleh penumpang sambil mengantarkan mereka ke tempat tujuan. Melalui pemikiran tersebut, terciptalah ide taksi yang menjual barang untuk para penumpang.

Bagaima tanggapan teman-teman SUKITA ID setelah melihat ide taksi dagang ini?

sumber: kompas.com

#KetikaTaksiDisulapJadiTempatDagang
#SUpayaKItaTAhu

Tag: , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 share