Susah Tahan Kantuk saat Berkendara? Gunakan Topi Canggih Ini

Susah Tahan Kantuk saat Berkendara? Gunakan Topi Canggih Ini

Keselamatan harus diprioritaskan dalam berkendara oleh semua orang. Untuk itu, para pengemudi sangat dianjurkan menyiapkan beberapa hal penting sebelum menaiki kendaraan. Misalnya seperti menyiapkan helm untuk motor, memasang sabuk pengaman ketika menaiki mobil, serta mengecek keadaan ban. Hal-hal sederhana tersebut perlu dilakukan supir maupun penumpang suatu kendaraan agar keselamatan mereka tetap terjaga di sepanjang perjalanan.

Salah satu penyebab fatal terjadinya suatu kecelakaan adalah rasa kantuk yang dialami pengemudi. Supir atau pengemudi tentu harus berkonsentrasi penuh pada kendaraan yang ia kemudi. Ketika diserang kantuk, para supir tentu tidak mampu berkonsentrasi penuh serta tidak awas terhadap keadaan jalan di depan. Mereka tentu tidak fokus memperhatikan hal-hal di jalan. Hal ini tentu saja dapat membahayakan keselamatan dirinya sendiri serta penumpang lainnya di kendaraan.

Susah Tahan Kantuk saat Berkendara? Gunakan Topi Canggih Ini
(Foto: carmater.com)

Maka dari itu, para supir perlu mengusir kantuk sebelum menaiki mobil dengan meminum kopi atau beristirahat terlebih dahulu. Selain itu, para supir juga disarankan beristirahat sejenak di perjalanan apabila benar-benar tidak mampu menahan kantuk. Hal tersebut perlu dilakukan agar perjalanan tetap berlangsung dengan aman.

Berbicara mengenai tips menghadapi kantuk saat berkendara, baru-baru ini perusahaan Ford mengeluarkan produk terbaru bagi pengendara yang sering mengantuk saat mengemudi. Mereka mengeluarkan topi canggih yang dapat mengusir kantuk bernama Safecap.  Topi canggih ini didesain khusus untuk membuat para pemakainya tetap terbangun selama berkendara.

Safecap didesain oleh Ford bersama agensi kreatif GTB. Sebelum membuat topi ini, mereka melakukan riset untuk mengetahui perbedaan antara pengemudi yang awas terhadap keadaan jalan serta pengemudi yang tidak. Setelah mendapat hasil yang cukup, mereka baru mulai merancang topi canggih ini. Safecap diketahui menggunakan sensor serta gyroscope untuk merasakan pergerakan pengemudi kala mengendara. Jadi apabila pengemudi terdeteksi mengantuk, topi ini akan mengeluarkan suara, lampu, dan getaran untuk membangunkan mereka. Keren, ya?

Perusahaan Ford berencana menjual Safecap untuk masyarakat umum. Sebelum itu, mereka berniat menambahkan melakukan beberapa tes kepada topi ini terlebih dahulu agar benar siap-siap ketika diedarkan nanti. Penasaran seperti apa rupa topi canggih Safecap?

Berikut adalah video seputar topi Safecap yang dilansir dari akun twitter Business Insider.

Keren sekali ya topi ini? Apakah teman-teman berniat memilikinya?

#TopiAntiKantuk
#SUpayaKItaTAhu

Tag: , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 shares