Sudah Lihat Ubur-Ubur dengan Bentuk Indah Mirip Kembang Api Ini?

Sudah Lihat Ubur-Ubur dengan Bentuk Indah Mirip Kembang Api Ini?

Adakah di antara teman-teman SUKITA ID yang hobi menyaksikan festival kembang api? Kapan biasanya kalian menikmati momen tersebut? Apakah saat malam pergantian tahun baru? Pembukaan suatu acara besar? Atau ketika sedang berada dalam taman hiburan?  Atraksi kembang api memang tampak selalu berhasil menyihir siapa saja yang melihatnya. Menurut sebagian orang, kembang api dapat membuat suasana menjadi lebih meriah dan ramai sehingga cocok untuk digunakan di acara skala besar.

‘Kembang api hidup’

Kembang api ternyata tidak hanya disaksikan di udara lho, teman-teman SUKITA ID. Baru-baru ini, sejumlah peneliti berhasil menemukan ‘kembang api hidup’ di laut. Pesonanya bahkan tak kalah indah dan memukau dari yang kita lihat selama ini. ‘Kembang api hidup’ dengan keindahan warna layaknya kembang api di udara ini ternyata adalah dari ubur-ubur langka bernama Halitrephes Maasi.

Sudah Lihat Ubur-Ubur dengan Bentuk Indah Mirip Kembang Api Ini?
(Foto: thisiscolossal.com)

Ubur-ubur jenis ini ditemukan di Pulau Socorro, Meksiko. Ubur-ubur dengan wujud kembang api ini terlihat di laut dengan kedalaman 4.000 kaki atau sekitar 1200 m. Halitrephes Maasi diketahui menjadi salah satu spesies ubur-ubur terlangka yang pernah ada. Keberadaan hewan ini sangat jarang terekam oleh kamera. Jumlah rekaman hewan ini bahkan diketahui hanya berjumlah lusinan. Langka sekali, ya?

Penampakan ubur-ubur ini direkam dalam sebuah gambar oleh seorang periset dari Exploration Vessel (EV) bernama Nautilus. Para peneliti juga mengaku tak menyangka akan menemukan makhluk indah di dasar laut. Begitu melihat keberadaan hewan ini, mereka segera melakukan dokumentasi.

“Ketika sesuatu yang luar biasa mengapung di tengah-tengah operasi sampling, tim kami dengan cepat mengganti gigi untuk mengagumi dan mendokumentasikan [ubur-ubur ini],” tulis para peneliti dalam laporan mereka dilansir dari petapixel.com.

Sudah Lihat Ubur-Ubur dengan Bentuk Indah Mirip Kembang Api Ini?
(Foto: core77.com)

Menurut mereka, keindahan warna hewan ini takkan terlihat dalam keadaan gelap. Warna ubur-ubur ini baru dapat disaksikan apabila mendapat pantulan cahaya.

“Kanal radial yang memindahkan nutrisi melalui lonceng ubur-ubur membentuk pola ledakan bintang yang merefleksikan cahaya ROV Hercules dengan cipratan cahaya kuning dan merah jambu – Akan tetapi tanpa kehadiran cahaya kami, hewan gelatin indah ini melayang tanpa terlihat dalam kegelapan,” tambah para peneliti.

Berikut adalah video seputar Ubur-Ubur Halitrephes Maasi dengan bentuk mirip kembang api dilansir dari akun facebook Tech Insider UK

https://www.facebook.com/TechInsiderUK/videos/763173320556723/

Indah sekali ya ubur-ubur langka yang satu ini?

#UburUburMiripKembangApi
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Halitrephes Maasi, Langka, SUpayaKItaTAhu, Terkini, Ubur-Ubur Kembang Api

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 shares