Mengintip Keindahan Seoul Central Mosque, Masjid Terbesar dan Tertua di Kota Seoul

Salah satu tempat destinasi wisata terfavorit umat muslim di Korea Selatan adalah Seoul Central Mosque. Masjid berwarna putih yang dilengkapi dengan dua menara tinggi ini berlokasi di Jalan 39 Usadan-ro 10-gil, Yongsan, Seoul. Masjid yang dibangun sejak tahun 1974 ini kabarnya terletak di tengah-tengah Sungai Hangang dan gunung Namsan.

Mengintip Keindahan Seoul Central Mosque, Masjid Terbesar dan Tertua di Kota Seoul

Banyak turis mengagumi keindahan arsitektur bangunan Seoul Central Mosque. Dari bagian luar, pengunjung langsung disuguhi pemandangan huruf Arab bertuliskan “Allahu Akbar” yang terpampang di bagian tengah dua menara masjid. Masjid seluas 5.00 meter persegi ini kabarnya mempunyai tiga lantai dengan dinding berwarna putih. Lantai satu dijadikan sebagai tempat beribadah bagi jamaah laki-laki, sementara lantai dua diperuntukkan sebagai tempat salat jamaah perempuan.┬áHampir setiap harinya, masjid ini dikunjungi oleh 800 jamaah dari berbagai tempat.

Siapapun diperbolehkan masuk ke bagian dalam masjid, tak terkecuali umat non muslim. Akan tetapi, setiap turis non muslim diwajibkan memakai pakaian sopan tanpa memperlihatkan aurat. Khusus bagi turis perempuan yang mengenakan celana pendek, mereka diharuskan memakai kain penutup kaki sebelum masuk ke dalam masjid. Mereka juga diingatkan untuk tidak menganggu umat Islam yang tengah ibadah di dalam masjid.

Menjadi pusat pengajaran agama Islam

Mengintip Keindahan Seoul Central Mosque, Masjid Terbesar dan Tertua di Kota Seoul
(Foto: theasian.asia)

Selain menjadi tempat beribadah, Seoul Central Mosque juga digunakan sebagai pusat pengajaran Islam. Umat muslim dapat mempelajari Al Quran, hadis, serta ilmu fiqih melalui Prince Sultan Islam School di dalam masjid. Tidak hanya itu, masjid ini juga menyediakan Islamic Culture Research Institute yang sering dijadikan tempat berkumpul umat Islam Korea Selatan.

Hadirnya kesekretariatan Korean Muslim Foundation (KMF) dalam masjid ini juga turut membantu perkembangan syiar Islam di daerah Seoul. Sebelum masjid ini dibangun, umat Islam di Seoul diperkirakan berjumlah sekitar 3.000 orang. Setelah masjid ini dibangun, jumlah penduduk muslim mengalami peningkatan drastis. Kini, jumlah penduduk muslim di sana telah mencapai angka 200.000 orang.

Daerah Seoul Central Mosque juga menawarkan wisata kuliner bagi turis muslim yang berniat mencari makanan halal. Beragam restoran halal diketahui tersedia di sepanjang jalan menuju ke masjid. Penjualnya pun berasal dari bermacam-macam tempat, mulai dari negara Timur Tengah hingga Indonesia.

Apakah teman-teman SUKITA ID tertarik mengunjungi masjid cantik ini di Korea Selatan?

Tags: Korea Selatan, Seoul Central Mosque, SUpayaKItaTAhu, TRAVEL

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 shares