Selain Iphone X, Sistem Pemindai Wajah juga Diterapkan ke 4 Hal Ini

Selain Iphone X, Sistem Pemindai Wajah juga Diterapkan ke 4 Hal Ini

Kamu tahu tidak kalau Iphone X adalah Iphone pertama yang menggunakan fitur Facial Recognition atau ‘Pemindai Wajah’? Melalui fitur ini, pengguna Iphone X dapat membuka layar Iphone cukup dengan menatap layar. Hal tersebut dapat terjadi karena wajah pengguna sudah terekam dan tersimpan dengan jelas dalam Iphone X. Keren, bukan?

Selain Iphone X, sistem canggih ini ternyata sudah diaplikasikan ke dalam beberapa perangkat lho. Apa saja tuh? Yuk simak mesin apa saja yang sudah menerapkan sistem pemindai wajah ini. Cekidot!

1. Smart Canteen 2.o
(Foto: cdns.klimg.com)

Di China, teknologi pemindai wajah ternyata telah digunakan oleh Sekolah Zhang Guangchou untuk mengatur pemesanan makanan bagi para siswa. Jadi, siswa mendapatkan makanan cukup dengan berdiri di depan kamera selama dua detik. Kamera yang dilengkapi fitur pemindai wajah tersebut nantinya membaca jenis makanan yang sebelumnya telah dipesan oleh siswa di media sosial WeChat. Canggih, bukan?

2. Alat Check In di Bandara
(Foto: assets.kompas.com)

Sistem pemindai wajah juga diterapkan pada alat check in di Bandara Changi, Singapura. Terminal 4 di Bandara Changi diketahui telah memakai teknologi ini bersamaan dengan sistem drop bagasi yang diatur oleh sistem komputer. Penggunaan sistem check in canggih ini masih terbilang baru dan beberapa kali menyulitkan penumpang yang belum terbiasa.

3. Pemindai Biometrik di Bidang Telekomunikasi
(Foto: assets.kompas.com)

Untuk mengantisipasi kejahatan siber, Pemerintah Thailand mengembangkan sistem keamanan telekomunikasi melalui sistem biometrik. Jadi, setiap pengguna telepon genggam yang ingin membeli SIM akan diwajibkan melakukan pemindaian wajah dan sidik jari.

4. Automatical Facial Recognition (AFR) di Kepolisian
(Foto: s3.amazonaws.com)

Di Inggris, pihak kepolisian telah melakukan uji coba AFR untuk menelusuri jejak tersangka. Melalui kamera yang dilengkapi fitur pemindai wajah ini, wajah seseorang dapat dicocokkan dengan gambar yang tersimpan di dalam database. Pihak kepolisian Inggris juga sempat bekerja sama dengan perusahaan NEC untuk dapat memasang kamera AFR selama berlangsungnya Liga Champions di Cardiff.

Teknologi pemindai wajah sudah digunakan untuk hal-hal di atas. Selanjutnya apa lagi ya?

#TeknologiPemindaiWajah
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Iphone, Smart Canteen, SUpayaKItaTAhu, Teknologi Pemindai Wajah

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 shares