Selain Hari Moekti, 4 Musisi Rock Ini juga Putuskan Hijrah untuk Mendalami Agama

Mantan musisi rock Hari Moekti diwartakan meninggal dunia pada hari Minggu (24/6/2018) malam di Rumah Sakit Dustira, Cimahi, Jawa Barat. Sosok yang kini lebih dikenal sebagai pendakwah tersebut menghembuskan nafas terakhirnya di  usia 61 tahun. Menurut keterangan dari keluarganya, Hari meninggal dunia akibat terkena serangan jantung.

Sewaktu masih menjadi musisi rock, lagu-lagu Hari kerapkali bertengger di tangga lagu teratas, misallnya seperti “Ada Kamu”, “Lintas Melawai”, dan “Satu Kata”. Ia diketahui pernah bergabung dalam grup Krakatau pada tahun 1985 serta band Adegan di tahun 1991.  Setelah itu, ia dikabarkan tertarik mempelajari ilmu keagamaan dengan para ustaz. Hari kemudian perlahan meninggalkan dunia musik dan akhirnya berfokus untuk menggeluti bidang dakwah.

Selain Hari Moekti, banyak juga musisi rock dan metal Indonesia yang memutuskan hijrah demi mendalami ilmu agama. Siapa sajakah mereka? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah 4 musisi rock dan metal yang memutuskan untuk fokus mendalami ilmu agama.

1. Opick

Selain Hari Moekti, 4 Musisi Rock Ini juga Putuskan Hijrah untuk Mendalami Agama
(Foto: uzone.id)

Nama Opick kini dikenal sebagai penyanyi lagu-lagu religi. Beberapa lagunya yang sukses diterima oleh masyarakat Indonesia di antaranya seperti “Astagfirulllah”, “Ramadhan Tiba”, dan “Tombo Ati”. Sebelum menjalani profesinya sekarang, penyanyi kelahiran 16 Maret 1974 ini ternyata pernah berkarier sebagai musisi rock. Ia sendiri pernah bergabung dalam grup musik beraliran rock bernama Timor Band sekitar tahun 1990-an. Merasa tidak cocok dengan kehidupan musisi rock yang begitu liar, Opick mulai mendalami ilmu agama dengan menjadi juri lomba nasyid dan qira’ah. Sejak saat itu, Opick makin terpikat untuk hijrah agar dapat menyelami agama Islam secara sempurna. Ia tertarik mengejar karier sebagai pen,yanyi religi serta mulai mengenakan sorban dan busana muslim ke mana pun dirinya pergi.

2. Gito Rollies

(Foto: kapanlagi.com)

Pendakwah bernama asli Bangun Sugito ini dahulu menjalani masa mudanya sebagai musisi rock dan aktor. Sewaktu masih menjadi musisi, ia kerapkali mengosumsi minuman keras dan narkoba. Titik balik Gito menuju ke kehidupan islami bermula sewaktu dirinya melihat sejumlah penduduk desa pergi melaksanakan ibadah shalat jumat dengan wajah penuh sukacita. Gito yang saat itu masih berada dalam bayang-bayang miras akhirnya juga memutuskan bergabung dengan mereka di sebuah masjid. Kedamaian dan kebahagiaan yang dirasakan Gito di masjid tersebut diketahui membuat dirinya yakin untuk bertaubat. Ia kemudian mendalami kitab suci Al-Quran dan mempelajari ilmu hadits dengan bantuan ulama. Setelah itu, Gito eninggalkan dunia keartisan dan fokus menjadi pendakwah hingga ajal menjemputnya.

3. Yuke Semeru

Selain Hari Moekti, 4 Musisi Rock Ini juga Putuskan Hijrah untuk Mendalami Agama
(foto: youtube.com)

Yuke Semeru dikenal sebagai mantan pemain bass grup band Gong 2000. Puncak kariernya sebagai musisi band metal berada di tahun 1984-1985. Meski memiliki banyak penggemar dan mendulang pendapatan fantastis di masa itu, Yuke mengaku tidak menemukan ketenangan saat menjalani hidupnya. Ia pun akhirnya memutuskan untuk mendalami ilmu agama meski tengah disibukkan dengan jadwal konser. Lambat laun, Yuke merasa makin mantap untuk mempelajari seluk beluk Islam dan bergabung dalam sebuah pengajian. Ia pun meninggalkan dunia musik yang telah membesarkan namanya dan fokus menelaah agama Islam. Setelah fokus mendalami ilmu keagamaan, Yuki dikabarkan sukses menghafal 30 juz Al-Quran serta memutuskan menjadi pendakwah.

4. Irvan Sembiring

Selain Hari Moekti, 4 Musisi Rock Ini juga Putuskan Hijrah untuk Mendalami Agama
(Foto: blogspot.com)

Nama Irvan Sembiring dahulu dikenal sebagai gitaris band trash metal legendaris bernama Rotor. Musisi kelahiran 2 Maret 1970 ini dikabarkan sempat meninggalkan Rotor untuk fokus menekuni ilmu agama. Keputusan Irvan untuk mempelajari ilmu agama dikatakan bermula saat dirinya membaca kisah hidup musisi-musisi ternama yang banyak berakhir dengan tragis. Tidak ingin hal tersebut terjadi kepada dirinya, Irvan akhirnya mulai berpikir untuk mencari cara sukses dalam kehidupan di dunia maupun akhirat. Dikutip dari dream.co.id, keputusan dirinya untuk belajar agama makin mantap setelah mengetahui Nabi Muhammad berada dalam urutan teratas di buku 100 Tokoh Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah karangan Michael H. Hart. Singkat cerita, ia pun meninggalkan dunia musik yang telah melejitkan namanya dan fokus menelaah Islam hingga akhirnya menjadi pendakwah. Meski begitu, ia akhirnya bergabung kembali dengan Rotor pada tahun 2009 dengan maksud untuk menyiarkan dakwah.

Semoga cerita Hari Moekti dan empat musisi ini dapat menginspirasi teman-teman SUKITA ID untuk terus menebar kebaikan terhadap sesama!

#4MusisiRockyangHijrahSelainHariMoekti
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Hari Moekti, Musisi Rock yang Hijrah, Terkini

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares