Mitos yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Pergi ke Pantai Selatan Jawa

Kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap mitos dan takhayul nampak masih kuat meski sudah memasuki era globalisasi. Masyarakat yang tinggal di wilayah perkampungan atau pedalaman umumnya meyakini kuat kebenaran mitos serta cerita mistis di sekitar mereka. Mereka yang hidup berdampingan dengan kepercayaan animisme dan dinamisme juga percaya bahwa terdapat pantangan yang tak diboleh dilanggar agar tidak berdampak pada nasib buruk.

Salah satu mitos yang masih bertahan hingga sekarang dan populer di telinga masyarakat adalah mitos seputar pantai selatan Jawa. Menurut masyarakat setempat, pantai selatan Jawa memiliki keterkaitan khusus dengan kekuatan gaib dan mistis. Pantau-pantai tersebut di antaranya adalah Parangtritis, Parangkusumo, Wediombo, Parang Kursi Banyuwangi, Pantai Pelabuhan Ratu, dan lain-lain. Pantai-pantai ini juga kabarnya memiliki mitos pantangan yang perlu ditaati oleh tiap orang yang berkunjung ke sana.

Apa saja mitos seputar pantai selatan Jawa? Mitos pantangan apa yang tidak boleh dilanggar oleh para wisatawan saat berkunjung kesana? Berikut adalah 3 mitos seputar pantai selatan Jawa yang dirangkum redaksi SUKITA ID dari berbagai sumber.

1. Larangan memakai baju hijau

Mitos yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Pergi ke Pantai Selatan Jawa
(Foto: blogspot.com)

Masyarakat yang tinggal di sekitar pantai selatan Jawa meyakini sosok mistis Nyi Roro Kidul menyukai warna hijau. Menurut mitos yang beredar, mereka yang mengenakan pakaian berwarna hijau di sekitar pantai selatan Jawa konon akan terseret ombak dan tenggelam di laut hingga akhirnya meninggal dunia. Seram sekali, ya?

Asal-usul larangan ini dikatakan bermula dari sebuah cerita rakyat Mataram. Dahulu kala, Panembahan Senopati diceritakan pernah mengimbau rakyatnya untuk tidak mengenakan baju hijau saat melintasi sejumlah pantai selatan Jawa, seperti Parangtritis, Pelabuhan Ratu, Parangkusumo, dan lain-lain. Keputusan ini diambil pendiri pertama Kerajaan Mataram tersebut lantaran dirinya sering berjumpa Nyi Roro Kidul dengan baju hijau. Larangan ini pun terus dipatuhi masyarakat hingga sekarang.

2. Kehadiran kamar keramat di hotel dekat Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat

Mitos yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Pergi ke Pantai Selatan Jawa
(Foto: blogspot.com)

Tidak jauh dari lokasi Pantai Pelabuhan Ratu, terdapat sebuah hotel bertingkat bernama Inna Samudera Beach. Hotel yang terletak di Jalan Raya Cisolok tersebut dikatakan memiliki sebuah kamar keramat yang dihuni oleh Nyi Roro Kidul. Kamar mistis tersebut diwartakan bernomor 308. Kehadiran kamar tersebut kabarnya menjadi magnet bagi para pengunjung Pantai Pelabuhan Ratu yang penasaran dengan sosok Ratu Pantai Selatan.

Kamar 308 memiliki rupa yang berbeda dengan kamar lainnya di hotel tersebut. Seluruh alat dan benda yang terletak di dalam kamar tersebut dilaporkan memiliki warna hijau, mulai dari tempat tidur, kursi, dinding, bantal, dan lain-lain. Pemberian barang serba hijau ini dilakukan pihak hotel mengacu pada mitos yang menyebutkan bahwa Nyi Roro Kidul sangat suka warna hijau. Masyarakat yang memasuki kamar 308 juga diwajibkan untuk tidak mengenakan pakaian dan aksesoris berwarna hijau

3. Pantai Parangtritis adalah pintu menuju kerajaan Nyi Roro Kidul

Mitos yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Pergi ke Pantai Selatan Jawa
(Foto: mitosmakassar.com)

Masyarakat setempat percaya bahwa Pantai Parangtritis merupakan pintu menuju kerajaan Nyi Roro Kidul. Oleh sebab itu, warga sekitar sering melakukan sejumlah ritual mistis di sekitar Pantai Parangtritis, misalnya seperti memberi sesaji tiap malam jumat kliwon atau bersemedi di dekat pantai. Ritual mistis lainnya adalah labuhan. Di dalam ritual ini, beberapa barang wajib dihanyutkan ke laut. Contohnya seperti pakaian, rambut, kembang setaman, kuku, dan lain-lain. Ritual ini umumnya dilakukan oleh pihak keraton.

Demikian mitos seputar pantai selatan Jawa yang dipercaya sebagian masyarakat. Meski sering diselimuti cerita mistis, pantai-pantai tersebut menyimpan keindahan alam yang memukau sehingga patut kalian kunjungi. Apakah kalian sudah mengujungi semua pantai selatan Jawa?

#MitosPantaiSelatanJawa
#SUpayaKItaTAhu

Tag: , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 shares