Mitos Hantu Banyu yang Mendiami Sungai Musi di Palembang

Mitos Hantu Banyu yang Mendiami Sungai Musi di Palembang

Tidak hanya bangunan kosong ataupun rumah tua, makhluk halus juga ternyata diyakini masyarakat hidup di sungai. Salah satu sungai asal Indonesia yang santer dengan cerita mistis adalah Sungai Musi yang terletak di Palembang, Sumatra Selatan. Menurut mitos yang tersebar di masyarakat setempat, sungai yang terbentang dengan jarak 750 km tersebut didiami oleh makluk halus dengan julukan hantu Banyu atau hantu air.

Sejarawan Palembang, Ali Hanafiah, berkata bahwa sejumlah warga mengaku telah menyaksikan penampakan Hantu Banyu. Menurut kesaksian mereka, rupa hantu tersebut sangatlah aneh. Rupa Hantu Banyu dikatakan merupakan perpaduan antara manusia dan hewan siamang.

“Boleh percaya atau tidak, namun Hantu Banyu itu memang ada. Dari cerita warga yang melihat, bentuknya seperti manusia dan siamang, rambutnya panjang dan berlendir,” ucap Ali, dikutip dari tribunnews.com, hari Selasa (24/10/2017).

Sejumlah rumah yang berada di dekat sekitar Sungai Musi umumnya memiliki tangga kayu yang mengarah langsung ke sungai. Menurut pengakuan Ali, tangga tersebut seringkali terlihat dalam keadaan berlendir. Ia meyakini lendir tersebut merupakan perangkap yang sengaja dipasang oleh Hantu Banyu agar banyak orang terpeleset dan jatuh ke sungai.

“Namun umumnya yang menjadi korbannya adalah para pendatang. Jika tidak ada pendatang baru, warga sekitar yang menjadi korbannya. Percaya atau tidak, namun setiap tahun sering ada korbannya,” tambah Ali.

Kondisi mayat korban Hantu Banyu

Kasus kematian misterius yang terjadi di Sungai Musi seringkali dikaitkan dengan keberadaan Hantu Banyu, mulai dari tenggelam, terpeleset, serta hanyut ketika berenang dan memancing. Menurut kepercayaan penduduk setempat, mayat korban Hantu Banyu baru akan timbul dari dalam sungai di tempatnya menghilang  1-2 hari kemudian. Mayat tersebut juga nantinya ditemukan dalam keadaan duduk menunduk dengan kaki terlipat serta dengan tangan memeluk kaki.

Dilansir dari liputan6.com, Hantu Bayu dikatakan muncul saat adzan Maghrib berkumandang. Menurut pengamatan warga sekitar, banyak orang memancing saat waktu adzan karena ikan yang muncul di Sungai Musi terbilang banyak. Apabila kail pancingan tersangkut di dalam sungai, para pemancing dianjurkan meninggalkan tempat tersebut beserta alat pancingnya. Para pemancing juga dilarang menyelami sungai saat kejadian tersebut berlangsung.

“Kalau tersangkut, dibiarkan saja. Pancingannya ditinggal saja atau tali pancingan diputus dan segera beranjak pergi dari situ. Jangan coba-coba untuk mengangkat kail yang tersangkut, konon katanya itu cara Hantu Banyu untuk menjebak korbannya,” papar Ali.

Seram juga ya mitos tentang Hantu Banyu ini ya, teman-teman SUKITA ID?

sumber: tribunnews.com

#SUpayaKItaTAhu

Tag: , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 shares