Metalimbs, Robot Tangan Mutakhir Bagi Warga Disabilitas

Metalimbs, Robot Tangan Mutakhir Bagi Warga Disabilitas

Apakah teman-teman SUKITA ID tahu bahwa hari ini bertepatan dengan Hari Difabel Sedunia? Perayaan hari tersebut diharapkan mampu membuka mata  pemerintah serta masyarakat dunia agar lebih menghargai dan membantu para penyandang disabilitas. Bentuk pertolongan yang dapat diberikan kepada mereka diantaranya adalah penyediaan fasilitas yang ramah pagi penyandang disabilitas serta penciptaan alat-alat bantu.

Metalimbs, Robot Tangan Mutakhir Bagi Warga Disabilitas
(Foto: japantrends.com)

Berbicara mengenai alat bantu disabilitas, peneliti asal Jepang diketahui telah memproduksi robot berbentuk lengan bernama Metalimbs. Penciptaan robot dua tangan tersebut dimaksudkan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Cara kerja robot Metalimb diketahui berhubungan kaki penggunanya. Jadi, gerakan tangan Metalimb akan seirama dengan gerakan yang dikeluarkan kaki penggunanya.

Robot Metalimb dipasang di bagian belakang tubuh penggunanya. Untuk menggunakan robot ini, penggunanya juga harus menggunakan kaus kaki yang dilengkapi sensor. Metalimb juga diketahui dapat memungkinkan penggunanya memegang suatu objek. Hal tersebut juga tentu membutuhkan koordinasi dari kaki penggunanya.

Metalimbs, Robot Tangan Mutakhir Bagi Warga Disabilitas
(Foto: blackxperience.com)

Keistimewaan lain yang dimiliki Metalimb adalah kehadiran fitur Haptic Feedback atau Umpan Balik Haptic. Melalui fitur ini, apabila tangan Metalimb menyentuh sebuah objek, kaki pengguna akan ikut merasakan feedback dari sentuhan tersebut. Hal tersebut terjadi karena telapak tangan serta jari Metalimb memiliki sensor perasa yang terhubung dengan alat di sekitar kaki pengguna.

Metalimbs rencananya akan diuji secara klinis sebelum diedarkan ke masyarakat luas. Alat ini diharapkan mampu membantu penyandang disabilitas dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Berikut adalah cuplikan video tentang sistem kerja Robot Metalimbs dari akun youtube KOMPASTV:

Inovatif sekali ya alat ini?

#SUpayaKItaTAhu

Tags: Alat Bantu Disabilitas, Robot Metalimbs, SUpayaKItaTAhu, Terkini

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 shares