Makna Terselubung di Balik Viralnya Video Klip “This Is America”

Belum lama ini, Donald Glover atau Childish Gambino merilis video klip lagu terbarunya di youtube yang berjudul This Is America. Video klip tersebut diketahui sukses menyedot perhatian warganet berkat aksi koreografi keren Gambino serta unsur politis yang terkandung di dalamnya. Banyak orang beranggapan bahwa video klip This Is America mampu merepresentasikan keadaan sosial Amerika dengan sudut pandang unik dan penyampaian yang kreatif.

Video This Is America dipublikasikan pertama kali di youtube sejak tanggal 5 Mei 2018. Hingga hari Senin (14/5/2018) ini, video berdurasi empat menit tersebut diketahui sudah ditonton lebih dari 100 juta kali. Berikut adalah video yang dimaksud.

Video di atas diketahui memuat banyak pesan terselubung yang berkaitan dengan kondisi terkini Amerika, misalnya seperti kekerasan bersenjata, rasisme, dan lain-lain. Apa saja hal-hal tersembunyi yang dibahas dalam video klip This Is America Berikut adalah beberapa hal terselubung yang dimaksud.

1. Senapan api mendapat perlakuan lebih terhormat dibandingkan mayat orang kulit hitam

Makna Terselubung di Balik Viralnya Video Klip "This Is America"
(Foto: youtube.com)

Di menit-menit awal, video ini menampilkan adegan Gambino menembak kepala seseorang di kursi dengan pistol. Usai orang tersebut jatuh ke lantai, muncul orang lain mengambil pistol Gambino dengan alas berwarna merah. Dilansir dari Insider, warna merah tersebut nampaknya sengaja dipilih Gambino untuk merepresentasikan negara-negara pendukung partai Republik yang lebih menghargai senjata dibandingkan nyawa kulit hitam.

2. Pose menembak Gambino mirip ilustrasi karakter fiksi kulit hitam bernama Jim Crow

Makna Terselubung di Balik Viralnya Video Klip "This Is America"
(Foto: youtube.com)

Menurut pendapat banyak orang di internet, pose yang ditampilkan Gambino saat menembak seseorang di kursi mirip dengan ilustrasi klasik Jim Crow. Jim Crow adalah karakter fiksi rasis ciptaan Thomas D. Rice di awal 1800-an yang mencerminkan orang Afrika-Amerika dengan sikap malas, bodoh, dan tidak manusiawi. Aksi tari Gambino yang kemudian berlanjut pada aksi penembakan pria kulit hitam yang sedang bermain gitar dianggap bermakna ancaman kekerasan pada orang Afrika-Amerika akan selalu ada meski mereka tengah menampilkan sebuah aksi hiburan.

3. Adegan Gambino menembak grup paduan suara nampak terinspirasi dari kejadian nyata

Makna Terselubung di Balik Viralnya Video Klip "This Is America"
(Foto: youtube.com)

Tidak jauh berbeda dengan adegan penembakan pertama, adegan Gambino menembak grup paduan suara gereja juga menyiratkan pesan bahwa nyawa penduduk kulit hitam tidak jauh lebih berharga dibandingkan senjata api di Amerika. Banyak pihak beranggapan bahwa adegan penembakan terhadap paduan suara ini terinspirasi dari tragedi penembakan sungguh yang terjadi pada tahun 2015 di Charleston, Carolina Selatan.

4. Makna di balik celana yang dikenakan Gambino di dalam video

Makna Terselubung di Balik Viralnya Video Klip "This Is America"
(Foto: youtube.com)

Tidak hanya melalui gerakan, pesan politis dalam video ini juga diungkapkan melalui kostum Gambino. Menurut pendapat sejumlah orang, celana yang dikenakan Gambino dalam video mirip dengan celana panjang khusus yang dipakai tentara Konfederasi. Beberapa orang menafsirkan pakaian Gambino sebagai pengingat terhadap peristiwa kekerasan bersejarah yang sering mengkambinghitamkan warga Afrika-Amerika. Gerakan tari Gambino juga dianggap merepresentasikan sikap masyarakat yang terus terganggu terhadap sejarah tersebut.

5. Pesan yang terkandung dalam kericuhan yang melatari aksi tarian Gambino

(Foto: youtube.com)

Memasuki bagian tengah video, berbagai macam peristiwa yang melatari gerakan Gambino di belakang terlihat begitu ramai dan ricuh. Di tengah-tengah kericuhan tersebut, Gambino terlihat tetap sibuk berjoget sambil ditemani beberapa penari latar di dekatnya. Menurut pendapat beberapa orang, hal tersebut menggambarkan bahwa aksi hiburan yang ditampilkan orang kulit hitam mendapat dukungan dari masyarakat. Akan tetapi, peristiwa kekerasan dan aksi berbau rasisme makin marak terjadi dan terus menelan banyak korban setiap harinya.

Banyak sekali ya hal yang dapat ditafsirkan dari video ini. Bagaimana tanggapan teman-teman SUKITA ID terhadap video ini?

sumber: theinsider.com, uzone.id

#VideoThisIsAmericaChildishGambino
#SUpayaKItaTAhu

Tag: , , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 shares