Kengoro, Robot Unik Jepang yang Mampu Lakukan Push-Up serta Berkeringat

Kengoro, Robot Unik Jepang yang Mampu Lakukan Push-Up serta Berkeringat

Di era globalisasi ini, robot menjadi teknologi yang kerapkali dibutuhkan manusia untuk melakukan pekerjaan sehari-hari. Berbagai robot unik diketahui diciptakan dengan tujuan beragam. Misalnya, seperti melakukan pekerjaan rumah, menggantikan peran manusia di pabrik, sampai menjaga ketertiban lalu lintas.

Masing-masing robot juga diketahui memiliki kecanggihan yang berbeda-beda. Ada yang pintar berbicara, pintar menganalisa suatu keadaan, hingga pintar berolahraga. Berbicara mengenai robot yang pintar berolahraga, apakah teman-teman SUKITA ID tahu bahwa di Jepang terdapat robot unik yang mampu melakukan push-up serta berkeringat?

Robot Kengoro

Robot canggih tersebut diketahui bernama Kengoro. Kengoro dirancang oleh para peneliti Johou Systems Kougaku yang berasal dari Universitas Tokyo. Robot model humanoid ini diketahui menerapkan sistem muskuloskeletal dari tubuh manusia. Bingkai tubuh Kengoro terbuat dari alumunium, baja, dan plastik. Tubuh robot unik ini didesain oleh para penelitinya dengan sendi sintetis serta ligamen sehingga memungkinkan robot ini untuk bergerak.

Kengoro, Robot Unik Jepang yang Mampu Lakukan Push-Up serta Berkeringat
(Foto: techxplore.com)

Robot Kengoro dirancang oleh para pembuatnya tidak hanya mirip seperti manusia, melainkan mampu bergerak layaknya manusia normal. Hal yang membedakan Kengoro dari robot humanoid lainnya adalah kehadiran struktur muskuloskeletalnya yang benar ditinjau dari segi anatomis. Kengoro dapat melakukan berbagai gerakan secara fleksibel, contohnya seperti push-up, sit-up, dan pull-up. Keren, ya?

Mampu Berkeringat

Kengoro dapat melakukan push-up 11 menit non stop tanpa membuat mesinnya panas. Robot ini dikabarkan memiliki lebih dari 100 mesin. Untuk mendinginkan mesin-mesinnya, Kengoro juga diketahui memiliki sistem pendinginan yang canggih. Sistem pendinginan robot iniĀ  mirip seperti manusia normal, yakni mengeluarkan keringat. Melalui bantuan laser kuat yang meninju lubang kecil di alumunium yang berfungsi sebagai tulang Kengoro, para peneliti membuat bingkai yang secara pasif akan menyalurkan air ke seluruh bagian tubuh robot ketika robot ini beraksi. Air ini nantinya akan menyerap panas yang terdapat di sekujur tubuh robot

Kreator Kengoro berharap robot ini nantinya dapat membantu kita dalam memahami mekanisme jaringan saraf yang mengatur pergerakan tubuh. Mereka beranggapan Kengoro cocok untuk dipakai saat tes kecelakaan mobil, bidang pengembangan analisa olahraga, hingga bidang hiburan. Berikut adalah video seputar robot Kengoro yang dilansir dari akun youtube IEEE Spectrum.

Keren sekali, ya?

#RobotUnikJepang
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Ada Aja, Kengoro, Robot Berkeringat, Robot Push-Up, Robot Unik Jepang, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares