Jokowi Ibaratkan Musuh Ekonomi Global Seperti Thanos di Film ‘Avengers: Infinity War’

Presiden Joko Widodo memiliki cara unik untuk menjelaskan kondisi perekonomian global dalam acara World Economic Forum on ASEAN di Hanoi, Vietnam, Rabu (12/9/2018). Menurut Jokowi, keadaan ekonomi global saat ini menuju perang tak terbatas seperti film Avengers: Infinity War. Ia juga mengibaratkan musuh ekonomi global layaknya tokoh Thanos yang berniat melenyapkan setengah populasi bumi.

“Thanos ingin memusnahkan setengah populasi karena ia percaya sumber daya planet bumi terbatas,” ucap Jokowi dalam pidatonya di acara tersebut, seperti yang dimuat di laman antaranews.com, Rabu (12/9/2018).

Sosok Thanos yang dimaksud Jokowi dan cara mengalahkannya

Jokowi memaparkan Thanos dalam dunia ekonomi tidak berwujud individu, melainkan berbentuk kepercayaan keliru tentang keberhasilan yang hanya dicapai apabila pihak lain mengalah. Untuk menghadapi hal tersebut, Jokowi menyebut dirinya bersama rekan “Avengers” lain akan saling bahu-membahu menyelamatkan dunia dari ancaman Thanos. Menurut Jokowi, peluang untuk mengalahkan Thanos masih terbuka lebar mengingat sumber daya kesejahteraan manusia tak mengenal batas. Ia mencontohkan hal tersebut melalui perkembangan teknologi yang sudah mengalami peningkatan efisiensi serta memberi peluang kepada manusia untuk menciptakan sumber daya alam baru.

“Penelitian ilmiah membuktikan ekonomi kita sekarang lebih ‘ringan’ dalam hal berat fisik dan volume fisik. Dalam 12 tahun terakhir, total berat dan volume televisi, kamera, pemutar musik, buku, surat kabar, dan majalah telah tergantikan oleh ringannya ponsel (telepon genggam) pintar dan tablet,” lanjut Jokowi dalam pidatonya, dikutip dari tempo.co, Rabu (12/9/2018).

Peningkatan ekonomi dengan memanfaatkan sumber daya manusia

Menurut pendapat Jokowi, perkembangan teknologi juga dapat dilihat dari keberadaan pembangkit listrik tenaga batu bara yang tergantikan oleh tenaga surya yang tipis dan ringan. Oleh sebab itu, ia berharap peningkatan ekonomi saat ini tidak lagi didorong oleh sumber daya alam, melainkan sumber daya manusia yang tidak terbatas. Jokowi lalu menyebut generasi muda Indonesia saat ini tengah menggerakkan transformasi e-Commerce dan eknomi digital.

“Saat ini, Indonesia telah memiliki empat unicorn atau perusahaan start-up dengan nilai miliaran dolar, sama dengan jumlah unicorn di gabungan 28 negara di Uni Eropa,” tutur Jokowi.

World Economic Forum on ASEAN merupakan salah satu acara yang dihadiri Jokowi saat beliau bertandang ke Vietnam. Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pimpinan negara dari berbagai tempat. Bagaimana tanggapan teman-teman SUKITA ID terkait pidato yang disampaikan Presiden Jokowi di Hanoi ini?

#JokowiIbaratkanMusuhEkonomiGlobalSepertiThanos
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Avengers Infinity War, Jokowi, SUpayaKItaTAhu, Terkini

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 share