Ini Reaksi Tokoh Terkenal Terkait Aksi ‘Kartu Kuning’ yang dilakukan Mahasiswa UI

Belum lama ini, rakyat Indonesia dihebohkan dengan aksi kartu kuning yang dilakukan mahasiswa kepada Presiden Joko Widodo. Jumat (2/2/2018) lalu, Ketua BEM UI Zaadit Taqwa diketahui mengacungkan buku kuning kepada Jokowi ketika menghadiri acara Dies Natalis UI ke-68 di Balairung. Aksi pemberian “kartu kuning” tersebut merupakan bentuk peringatan kepada Jokowi agar lebih memperhatikan masalah yang terjadi di Indonesia, di antaranya adalah isu gizi buruk di Asmat, isu penghidupan kembali dwifungsi Polri/TNI, serta pemberlakukan peraturan baru organisasi mahasiswa. Menanggapi hal tersebut, Jokowi kemudian berencanana mengirimkan BEM UI ke daerah Kabupaten Asmat, Papua. Menurut Jokowi, hal tersebut ditujukan agar mereka dapat meninjau keadaan daerah tersebut secara langsung. Akan tetapi, tawaran ini kemudian ditolak oleh BEM UI.

Aksi ‘kartu kuning’ tersebut diketahui ramai dibicarakan banyak orang, tak terkecuali para tokoh terkenal. Sejumlah tokoh terkenal terlihat memberikan tanggapan berupa  komentar, kritik, opini, hingga meme terkait aksi pemberian ‘kartu kuning’ yang dilakukan Zaadit tersebut. Siapa sajakah tokoh-tokoh yang memberikan reaksi terhadap aksi ‘kartu kuning’ tersebut? Berikut adalah tokoh-tokoh yang dimaksud.

1. Kaesang

Aksi pemberikan ‘kartu kuning’ ternyata juga ditanggapi secara lucu oleh anak Presiden Jokowi sendiri. Kaesang diketahui mengunggah sebuah meme tentang kartu kuning melalui akun instagram-nya pada hari Sabtu (3/2/2018) lalu. Di dalam postingan tersebut, Kaesang terlihat memanfaatkan insiden ‘kartu kuning’ untuk mempromosikan aplikasi terbarunya, yakni madhang.id. Lihai sekali membaca situasi dia, ya?

2. Sudjiwo Tedjo

Budayawan yang dikenal sebagai penulis, pelukis, dan dalang ini juga sempat mengutarakan pendapatnya terkait aksi ‘kartu kuning’ di media sosial. Melalui akun twitter-nya, Sudjiwo menyampaikan kritik terhadap komentar seorang ahli survei terkait insiden ‘kartu kuning’. Menurut Sudjiwo, pendapat yang disampaikan ahli survei tersebut terlalu subjektif karena mengutamakan kepentingan pribadi. Di salam postingan tersebut, Sudjiwo tidak mencantumkan nama ahli survei yang ia maksud. Apakah teman-teman SUKITA ID tahu siapa orang yang dimaksud beliau?

3. Fahri Hamzah dan Fadli Zon

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah juga menyampaikan tanggapannya terkait aksi pengacungan ‘kartu kuning’ terhadap Jokowi. Ia menganggap Jokowi bersikap tidak terbuka terhadap kritik yang disampaikan pihak BEM UI. Selain itu, Fahri juga menyatakan kekecewaannya terhadap Jokowi dengan mengacungkan kartu merah di acara Mukernas KA-KAMMI di Jakarta pada hari Sabtu (3/2/2018).

Fadli Zon juga diketahui menghadiri acara tersebut. Sedikit berbeda dengan Fahri, Fadli mengacungkan kartu berwarna kuning di acara tersebut. Sebelumnya Fadli dikabarkan mendukung aksi ‘kartu kuning’ yang dilakukan Zaadit tersebut. Bagaimana pendapat kalian tentang aksi pengacungan kartu yang dilakukan Fahri Hamzah dan Fadli Zon ini?

 

4. Sri Mulyani

Pada hari Senin (5/2/2018), Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan kuliah perdana kepada mahasiswa di Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia. Saat itu, ia diketahui mengajarkan mata kuliah Pengantar Teori Ekonomi Makro. Di sela-sela pembahasan mata kuliah, Sri Mulyani menyampaikan sindirannya terhadap aksi pemberian ‘kartu kuning’ yang dilakukan mahasiswa.

“Jadi Mahasiswa UI yang mau kasih kartu kuning atau demo, harus sudah dapat kuliah pengantar Teori Ekonomi Makro,” tutur Sri Mulyani di Auditorium FEB UI, dilansir dari detik.com.

Ini Reaksi Tokoh Terkenal Terkait Aksi 'Kartu Kuning' yang dilakukan Mahasiswa UI
(Foto: detik.com)

“Kalau sudah dapat pengantar makro ekonomi baru demo ya. Kalau belum terus demonya salah itu malu-maluin, jangan bilang pernah diajar saya,” tambahnya.

5. Mahfud MD

Pakar hukum yang pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi dan anggota DPR ini juga menyampaikan komentarnya terkait aksi ‘kartu kuning’ yang dilakukan mahasiswa UI. Menurutnya, hal tersebut biasa dan tak istimewa. Mahfud MD juga beranggapan bahwa aksi yang dilakukan Zaadit adalah cara untuk menyampaikan aspirasi dengan maksud mencari sensasi.

Demikian reaksi sejumlah tokoh terkenal terkait aksi pengacungan ‘kartu kuning’ yang dilakukan Ketua BEM UI terhadap Presiden Jokowi. Apakah kalian sependapat dengan mereka?

#ReaksiTokohTerkenalterhadapAksiKartuKuning
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Aksi Kartu Kuning, Jokowi, Mahasiswa UI, Reaksi Tokoh-Tokoh, SUpayaKItaTAhu, Terkini

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 share