Ini Perubahan Aturan Ganjil Genap yang Berlaku Mulai 15 Oktober 2018

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diketahui memperpanjang sistem ganjil genap hingga akhir tahun 2018. Selain itu, ada sejumlah perubahan yang diterapkan dalam pemberlakuan sistem ganjil genap mulai tanggal 15 Oktober – 31 Desember 2018. Berbeda dengan sistem ganjil genap sebelumnya yang dilaksanakan selama 15 jam,  sistem ganjil genap kali ini akan diterapkan dua kali sehari tepatnya pada waktu pagi dan sore hari.

Pemberlakuan sistem ganjil genap sesi pertama dilaksanakan pada pukul 06.00 WIB sampai 10.00 WIB, sementara sesi kedua dimulai pada pukul 16.00 WIB sampai 20.00 WIB. Informasi terkait kebijakan ini terpapar dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 106 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap.

Kebijakan sistem ganjil genap ini akan diberlakukan di sejumlah ruas jalan, yakni Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan MH. Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Sebagian Jalan Jenderal S Parman (mulai dari Jalan Simpang Tomang Raya – simpang Jalan KS Tubun), Jalan MT Haryono, Jalan HR Rasuna Said, Jalan Jenderal DI Panjaitan, Jalan Jenderal Ahmad Yani. Kebijakan ganjil genap ini tidak berlaku untuk waktu Sabtu dan Minggu serta hari libur nasional.

Jalur bebas aturan ganjil genap

Di samping itu, ada beberapa ruas jalan yang terbebas dari aturan ini meski berada dalam jalur yang disebutkan. Misalnya seperti di Jalan Jenderal Gatot Subroto. Setiap kendaraan yang berjalan dari Pasar Minggu menuju Gerbang Tol Tebet depan Gedung Aldiron akan dibebaskan aturan ganjil genap. Hal ini juga berlaku bagi kendaraan yang masuk ke Jalan Gatot Subroto ruas Kuningan. Jadi, seluruh kendaraan yang mengambil jalan keluar tol dalam kota di exit Kuningan/Mampang diperbolehkan berjalan dari Jalan Gatot Subroto hingga ke Simpang Kuningan dengan syarat wajib melewati jalur menuju ke arah Mampang/Tendean. Demikian dilansir dari laman detik.com, Minggu (14/10/2018).

“Ganjil genap berlaku dua kali setiap hari, pukul 06.00 sampai 10.00, dan pukul 16.00 hingga 20.00,” tutur Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko, Minggu (14/10/2018), dikutip dari beritajakarta.id.

“Kebijakan ini akan terus kita evaluasi secara periodik,” sambungnya.

Harap berhati-hati terhadap aturan ini ya teman-teman SUKITA ID

#SistemGanjilGenapTerbaru
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Sistem Ganjil Genap, SUpayaKItaTAhu, Terkini

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares