Ilmuwan Duga Ada Makhluk Hidup di Planet Venus, Apakah Itu?

Ilmuwan Duga Ada Makhluk Hidup di Planet Venus, Apakah Itu?

Para peneliti memperkirakan adanya kehidupan yang tersimpan dalam awan di Planet Venus. Awan tersebut diduga menjadi tempat tinggal suatu makhluk hidup di luar bumi. Melalui alat di luar angkasa, peneliti menemukan adanya materi gelap di sekitar Venus yang disinyalir merupakan tanda keberadaan makhluk hidup.

Jenis makhluk hidup yang diduga tinggal di awan Venus

Dilansir dari kompas.com,  kemungkinan adanya makhluk hidup dalam awan Venus dimuat dalam sebuah jurnal Astrobiology. Di dalam jurnal tersebut, ilmuwan berpendapat bahwa awan asam Venus merupakan tempat yang memungkinkan bagi makluk hidup seperti bakteri atau mikroba. Mereka juga menemukan informasi bahwa sifat kimia dan fisik awan tersebut serta suhu dan tekanan yang moderat dapat memungkinan terjadinya kehidupan.

Materi gelap di awan Venus juga telah diteliti oleh para ilmuwan. Hasilnya, materi gelap tersebut dikatakan terbuat dari asam sulfat dan partikel penyerap cahaya yang serupa dengan bumi. Ilmuwan juga memperkirakan materi gelap tersebut bisa jadi sama dengan alga mekar yang hidup di bumi. Dimensi materi gelap ini juga diwartakan sama dengan dimensi bakteri di bumi.

Warna Venus juga mengindikasi adanya bakteri yang hidup

Berdasarkan informasi yang dimuat dalam laman Express melalui okezone.com, warna karat yang dimiliki planet Venus juga menambah keyakinan para ilmuwan tentang adanya bakteri di sana. Warna tersebut diduga mirip dengan sifat-sifat bakteri saat menyerap cahaya di bumi. Hasil penelitian yang baru saja dirilis tersebut juga memuat keterangan tentang mikroba yang mampu bertahan hidup walau tertiup angin di puncak awan Venus.

“Analisa komparatif kami mendukung hipotesis campuran bahwa makhluk hidup tipe teresterial dapat bertahan hidup di dalamnya dan berkontribusi pada tanda-tanda spektral awan Venus,”tulis NASA dalam sebuah laporan, dikutip dari liputan6.comSenin (2/4/2018) lalu.

“Untuk menguji gagasan yang disajikan di sini, kami mengusulkan perlunya studi kimia, biokimia, dan mikrobiologi terpadu yang berfokus pada kelangsungan hidup dan spektroskopi mikroorganisme terestrial di antara awan Venus,” sambung NASA dalam laporan tersebut.

Menurut Sanjay dari Limaye dari Science and Engineering Centre Universitas Winconsin-Madison, Venus mempunyai banyak waktu untuk terus mengalami evolusi.  Planet tersebut dilaporkan memiliki sejumlah patch gelap, sulfur kaya yang episodik, tingkat kontras antara 40 sampai 60 persen dalam ultraviolet, serta teredam dalam gelombang yang terbilang panjang. Untuk itu, ilmuwan masih akan terus melakukan penelitian untuk membuktikan adanya kehidupan di sana.

Apakah teman-teman SUKITA ID setuju dugaan para ilmuwan ini?

#BakteridiPlanetMars
#SUpayaKItaTAhu 

Tags: Mistis, Planet, SUpayaKItaTAhu, Venus

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 share