Hebat, Mahasiswa ITS Raih 19 Penghargaan dalam Kompetisi Robot Dunia di Taiwan

Pemuda Indonesia lagi-lagi mengukir prestasi membanggakan di kejuaraan tingkat internasional. Belum lama ini, tim Robotika Institut Sepuluh November (ITS) diwartakan sukses memboyong 19 piala penghargaan pada ajang FIRA RoboWorld Cup 2018 di Taiwan. Tim Robotika ITS yang diikutkan dalam kompetisi ini berjumlah tiga, yakni Bayu Caraka, Ichiro, dan Iris.

Dilansir dari detik.com, tiga tim Robotika ITS tersebut mengikuti kontes ini di kategori yang berbeda. Tim Bayu Caraka berkompetisi di kategori FIRA Air melalui robot terbang ciptaan mereka, Ichiro berlomba di kategori FIRA Humanoid Robot Cup (HuroCup) melalui robot berkaki mereka, serta Iris bertanding di FIRA Roboshot melalui robot beroda besutan mereka. Kompetisi robot tingkat dunia ini kabarnya berlangsung dari tanggal 3-12 Agustus 2018 di Kampus Feng Chia University, Taichung, Taiwan.

Berdasarkan informasi yang tercantum dalam laman situs harianbhirawa.com, belasan penghargaan yang diraih tim Robotika ITS di antaranya berasal dari kemenangan grup Ichiro Kidsize Team 1, yakni Juara 1 united soccer, Juara 2 Mini DRC, Juara 1 sprint, Juara 2 obstacle run, dan Juara 3 All Round. Penghargaan lainnya dipersembahkan oleh Ichiro Kidsize Team 2, yakni Juara 3 obstacle run, Juara 2 sprint, Juara 2 marathon, dan Juara 2 united soccer. Ichiro Adultsize juga sukses menyabet 7 penghargaan, yakni Juara 1 penalty kick, Juara 1 marathon, Juara 2 weightlifting,  Juara 2 mini DRC, Juara 2 sprint, Juara 1 obstacle run, serta Juara 3 All around.

Hebat, Mahasiswa ITS Raih 19 Penghargaan dalam Kompetisi Robot Dunia di Taiwan
(Foto: Humas ITS)

Tim Ichiro Adultsize mencetak rekor dunia

Selain meraih penghargaan, tim Ichiro Adultsize juga memecahkan rekor dunia dalam kompetisi akbar ini. Pemecahan rekor tersebut tercipta setelah robot ciptaan mereka sukses mengangkat 130 keping compact disc (CD). Pembina Robotika ITS Muhtadin mengatakan pencapaian ini tak lepas dari persiapan matang yang dilakukan timnya sebelum lomba digelar.

“Selama kami mempersiapkan kejuaraan, kami mencoba selalu berlatih dengan jumlah 100 CD. Dan ternyata robot kami bekerja dengan baik. Sehingga kami menambahkan lagi jumlahnya,” tutur Muhtadin, dikutip dari harianbhirawa.com, Senin (13/8/2018).

Sumbangan penghargaan lainnya diberikan oleh tim Iris Pro Roboshot yang sukses meraih Juara 1 passing challenge, Juara 3 Localization challenge, dan Juara 3 obstacle avoidance. Sementara itu, tim Bayu Caraka belum berkesempatan meraih penghargaan di ajang FIRA RoboWorld Cup 2018. Menurut Muhtadin, kegagalan tersebut dipicu oleh kesalahan pemilihan sensor yang dipakai Bayu Caraka saat lomba berlangsung.

Sebelum mengikuti kontes ini, tim Robotika ITS dikabarkan berkompetisi dalam ajang RoboCup 2018 di Kanada. Di dalam kontes tersebut, mereka sukses menerima 4 penghargaan, yakni Juara 3 Best Humanoid Robot Soccer, Juara 1 Sepak Bola Robot Kategori Teen Size,  Juara 2 Drop-In Challenge Kategori Teen Size, Juara 2 Technical Challenge Kategori Teen Size. Mengagumkan sekali, bukan?

Bagaimana tanggapan teman-teman SUKITA ID setelah mendengar pencapaian tim Robotika ITS di ajang RoboWorld Cup 2018?

#MahasiswaITSSabet19PenghargaandiKontesRobotDunia
#SUpayaKItaTAhu

Tags: ITS, SUpayaKItaTAhu, Terkini

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 shares