Film Bumi Manusia: Mimpi Hanung Bramantyo yang Jadi Kenyataan

Novel Bumi Manusia karangan Pramoedya Ananta Toer akan diangkat ke layar lebar dengan judul sama. Proyek film ini akan mendapat arahan dari sutradara Hanung Bramantyo dan digarap oleh rumah produksi Falcon Pictures. Naskah skenario film ini kabarnya ditulis oleh Salman Aristo, penulis naskah Laskar Pelangi dan Garuda di Dadaku.

Pemain film Bumi Manusia

Nama aktor dan aktris yang terlibat dalam proyek film Bumi Manusia juga sudah diumumkan dalam acara konferensi pers film yang digelar di Yogyakarta, hari Kamis (24/5/2018) lalu. Mereka yang akan bermain dalam film ini di antaranya adalah Iqbaal Ramadhan sebagai Minke, Sha Ine Febriyanti sebagai Nyai Ontosoroh, Mawar Eva Dejhong sebagai Annelies, serta Donny Damara dan Ayu Laksmi sebagai orangtua Minke. Menurut Hanung, seluruh pemain dalam film ini dipilih berdasarkan apa yang diceritakan dalam novel aslinya.

“Minke itu umur 20 tahun, Annelies 17 tahun, Memang anak-anak muda, buku ini pun bicara tentang gejolak anak muda. Yang mana ini merupakan cerita tetralogi, Minke akan tumbuh seiring sejarah perkembangan Indonesia sampai merdeka,” ucap Hanung dalam konferensi pers di Desa Gamplong, Sleman, Yogyakarta, Kamis (24/5/2018) lalu, seperti yang dimuat di laman cnnindonesia.com.

Mimpi Hanung jadi Kenyataan

Hanung sendiri nampak sangat antusias dalam proyek film Bumi Manusia. Suami Zaskia Adya Mecca tersebut mengaku sudah lama menggemari novel-novel buatan Pramoedya Ananta Toer. Di masa kuliah dahulu, Hanung bahkan pernah bermimpi dirinya dapat menyutradarai film yang diadaptasi dari novel Pram.

“Saya dua kali membaca itu (Bumi Manusia). Pada waktu itu kemudian saya bermimpi, saya pengin memfilmkan,” tutur Hanung, dilansir dari tribunnews.com, Jumat (25/5/2018).

Mimpi tersebut kemudian berubah menjadi nyata ketika Hanung menerima tawaran Falcon Pictures untuk menjadi sutradara film ini. Hanung dikabarkan langsung mengiyakan tawaran tersebut tanpa berpikir lama. Sebelum menggarap film ini, Falcon Pictures dikabarkan sudah membeli lisensi novel Bumi Manusia. Pihak keluarga Pram sendiri juga sudah menyetujui adanya film proyek film ini.

Tantangan yang dihadapi Falcon Pictures

Mengutip dari pikiranrakyat.com, pihak Falcon Pictures juga mengaku senang dapat menjalankan proyek film yang diadaptasi dari novel fenomenal ini.  Frederica selaku Produser Falcon Pictures memaparkan Bumi Manusia akan menjadi film penting yang menentukan nasib Falcon Pictures di masa mendatang. Menurutnya, tantangan dari film Bumi Manusia tidak hanya pada terletak pada bagaimana memuaskan ekspektasi penggemar novelnya, melainkan juga pada cara agar film ini diterima para penonton film awam dan generasi muda.

Frederica juga menjelaskan proses produksi film ini akan dimulai pada akhir Juli hingga Agustus 2018. Proses pengambilan adegan akan dilakukan di dua negara, yakni Indonesia (Yogyakarta dan Semarang) dan Belanda. Novel Bumi Manusia adalah buku pertama dari Tetralogi Buru karya Pram yang bercerita tentang roman yang terjalin antara pribumi Belanda bernama Minke dengan gadis blasteran bernama Annelies di masa kolonial Belanda.

Apakah teman-teman SUKITA ID tertarik menonton film adaptasi novel buatan Pramoedya ini?

#FilmBumiManusia
#SUpayaKItaTAhu

Tag: , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares