Efek Foley, Elemen Penting di Balik Kesuksesan Sebuah Film

Efek Foley, Elemen Penting di Balik Kesuksesan Sebuah Film

Adakah teman-teman SUKITA ID yang hobi menonton film di sini? Kalian yang hobi menonton film tentu tidak hanya menikmati tontonan dari segi visual, melainkan juga dari segi audio. Berbicara mengenai audio, apakah kalian pernah bertanya-tanya tentang bagaimana suara di dalam sebuah film tercipta? Ternyata, suara-suara yang kita dengar di dalam film berasal dari penambahan efek setelah syuting film selesai lho.

Di dalam produksi film, proses penambahan efek suara ini dinamakan Foley Effect atau efek Foley. Istilah “Foley” sendiri berasal dari nama pencetus awal proses ini, Jack Foley. Ia diketahui pernah bekerja sebagai editor suara di Universal Studios. Penambahan efek Foley ini ditujukan untuk memberikan efek suara yang pas di setiap adegan serta untuk melengkapi suara-suara yang hilang saat proses produksi berlangsung.

Penambahan efek Foley ini dilakukan selama masa pasca produksi film berlangsung. Jadi, selepas proses pengambilan adegan selesai, proses ini baru bisa berjalan. Bunyi suara yang diolah di dalam efek Foley pun bermacam-macam, mulai dari bunyi suara langkah kaki, bunyi suara kertas terlipat, bunyi kaca pecah, bunyi suara pukulan, dan lain-lain.

(Foto: picklefoley.com)

Efek Foley umumnya dilakukan oleh para seniman foley. Kru yang bertugas di bagian efek Foley terbagi menjadi dua, yakni walker dan teknisi. Walker adalah sebutan bagi mereka yang bertugas membuat efek suara untuk suatu adegan film. Walker tentu harus cerdik dalam menyesuaikan suara yang dibuat agar setiap adegan film mampu terasa nyata. Di saat walker sibuk mengolah suara, teknisi bertugas untuk merekam dan meramu hasil suara buatan walker tersebut.

Proses penambahan efek suara ini umumnya dilakukan di studio suara khusus. Tempat pengolahan efek Foley diketahui harus memiliki variasi permukaan yang memungkinkan agar para kru dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Saat proses penambahan efek berlangsung, walker juga melihat ke layar berisi adegan film untuk menyesuaikan suara yang sedang dibuat.

Berikut adalah beberapa video yang menampilkan proses penambahan Foley di dalam sebuah film.

1. What is Foley Sound by Sound Ideas (dari akun youtube SoundIdeasCanada)

2. The Magic of Making Sound (dari akun youtube Great Big Story)

3. Foley Artists: How Movie Sounds Are Made (dari akun youtube Academy Originals)

Wah, ternyata peran foley sebesar itu ya di dalam film.

#SUpayaKItaTAhu

Tags: Efek Foley, Efek Suara di Film, Seniman Foley, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares