Dua Tim Paduan Suara Asal Indonesia Sabet Penghargaan di Italia

Kabar menggembirakan datang dari dunia paduan suara Indonesia. Belum lama ini, dua tim paduan suara tanah air diberitakan sukses mengukir prestasi dalam ajang The Rimini International Choral Competition di Rimini, Italia. Kompetisi tersebut kabarnya berlangsung dari tanggal 20-23 September 2018.

Dilansir dari kompas.com, dua kelompok paduan suara berprestasi tersebut adalah Paduan Suara Gema Sangkakala Female Choir asal daerah Manado serta Karangturi Choir asal Semarang.  Keduanya dikabarkan lolos ke babak Grand Prix dan berkompetisi dengan enam tim dari negara asing pada hari Minggu (23/9/2018) waktu setempat. Juri kemudian menetapkan Suara Gema Sangkakala Female Choir sebagai juara untuk kategori “Equal Voices Choir Gold”. Kelompok yang mendapat arahan dari dirigen Roland David Enoch tersebut juga menyabet penghargaan Gold Diploma untuk nomor Sacred Music.

Berbeda Gema Sangkakala, kelompok paduan suara Karangturi Choir diketahui meraih penghargaan Gold Diploma untuk kategori Children and Youth Choirs. Kelompok yang dipandu dirigen Petrus Wahyu ini juga diganjar penghargaan Silver Diploma untuk nomot Folk, Gospel, and Spritual. Lagu yang dibawakan Karangturi Choir saat itu adalah “Yamko Rambe Yamko”, Gundul-Gundul Pacul”, dan “Karaben Sapi”. Saat membawakan lagu-lagu tersebut, mereka memakai busana yang diilhami dari pakaian adat tradisional.

Kabar kemenangan Gema Sangkakala Female Choir dan Karangturi Choir telah didengar Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani. Ia sendiri mengaku bangga atas penghargaan yang diraih kedua kelompok paduan suara tersebut. Menurutnya, prestasi ini juga mampu mendekatkan hubungan Indonesia dengan Italia khususnya dalam hal seni budaya.

“Prestasi dalam berbagai kompetisi internasional seperti ini juga menjadi diplomasi seni budaya yang dapat semakin mempererat interaksi masyarakat setempat dengan Indonesia,” kata Esti, dilansir dari kompas.com, Selasa (25/9/2018).

Menambah koleksi penghargaan Indonesia di kontes paduan suara internasional

Di tahun 2018, kelompok paduan suara Indonesia diketahui telah mengantongi sejumlah penghargaan internasional. Pada bulan April lalu, paduan suara The Resonanz Children’s Choir memenangkan kompetisi European Grand Prix for Choral Singing di Slovenia. Kemudian, pada bulan Juli lalu, tim paduan suara Universitas Hasanuddin (Unhas) juga diberitakan sukses menjuarai kompetisi paduan suara “World Choir Game Tshwane 2018” di Afrika Selatan. Mereka menyabet penghargaan untuk kategori “C27 Scenic Folklore “.

#KelompokPaduanSuaraIndonesiaMenangdiItalia
#SUpayaKItaTAhu

 

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 shares