Dianggap Menghina Sungai Nil, Penyanyi Mesir Ini Dipenjara Selama 6 Bulan

Dianggap Menghina Sungai Nil, Penyanyi Mesir Ini Dipenjara Selama 6 Bulan

Seseorang tentu harus berhati-hati ketika menyampaikan opininya di hadapan publik. Setiap perkataan yang keluar dari mulut ada baiknya dipikirkan matang-matang sebab bisa jadi hal tersebut dapat menyinggung perasaan seseorang atau suatu pihak. Seseorang bahkan bisa dijatuhi hukuman penjara apabila perkataannya dianggap menghina atau menyudutkan suatu pihak.

Peristiwa tersebut benar-benar terjadi pada seorang penyanyi terkenal asal Mesir, Sherine Abdel Wahab. Ia divonis hukuman penjara selama 6 bulan karena dianggap menghina sungai Nil. Kasus ini bermula dari sebuah video viral berisi cuplikan konser Sherine yang berlangsung di Uni Emirat Arab pada bulan November tahun 2017. Di dalam video tersebut, seorang penggemar terlihat meminta Sherine untuk membawakan sebuah lagu berjudul Mashrebtesh Men Nilha atau yang bermakna “Apakah Anda Pernah Minum dari Sungai Nil?”.

Ia kemudian membalas permintaan penggemarnya tersebut dengan berkata bahwa meminum sungai Nil dapat mendatangkan penyakit Schistosomiasis. Penyakit yang juga dikenal dengan nama bilharziasis tersebut diketahui sebagai salah satu penyakit yang sering ditemui didaerah Mesir. Bilharziasis disebabkan oleh cacing parasit jenis Schistosoma serta dapat membuat penderitanya menjadi kurus dan mengalami pembengkakan hati yang berujung kematian.

“Tidak, Anda bisa kena Schistosomiasis. Minumlah Evian sebagai gantinya,” kata Sherine kepada penggemarnya, di dalam rekaman video viral tersebut, dilansir dari kompas.com.

Candaan yang dianggap mengandung hinaan

Candaan yang disampaikan Sherine dalam konsernya tersebut ternyata tidak disukai sejumlah kalangan di Mesir. Majelis Umum Persatuan Profesi Musikal menganggap lelucon yang disampaikan Sherine adalah bentuk hinaan bagi negara Mesir. Pengadilan Mesir juga menuduh Sherine telah menyebarkan berita palsu. Sherine sendiri telah menyampaikan permintaan maaf terkait leluconnya tersebut di akun facebooknya. Ia mengaku tidak bermaksud menghina siapapun dalam leluconnya tersebut.

“Kepada negara tercintaku Mesir, saya meminta maaf dari hari atas kesalahan saya,” tutur Sherine.

Saat ini Sherine tengah mengusahakan banding terhadap hukuman yang dijatuhkan kepadanya, yakni 6 bulan di penjara. Ia dikabarkan mampu mengajukan banding dalam kurun waktu 15 hari. Sherine dikenal sebagai salah satu penyanyi terpopuler di Mesir. Ia memulai kariernya di dunia akting dan pernah mengikuti acara The Voice versi Arab.

Bagaimana tanggapan teman-teman SUKITA ID terkait masalah yang dialami Sherine ini?

#PenyanyiMesirDihukumkarenaDianggapMenghinaSungaiNil
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Penyanyi Mesir Hina Sungai Nil, Sherine Abdel Wahab, SUpayaKItaTAhu, Terkini

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 share