Deretan Sineas yang Pernah Menolak Penghargaan Oscar

Ajang penghargaan film Academy Awards diketahui menjadi momen istimewa bagi banyak sineas hollywood. Semuanya berharap untuk memenangkan piala Oscar dari tiap kategori yang tersedia, misalnya seperti Film Terbaik, Aktor Utama Terbaik, Sutradara Terbaik, Naskah Asli Terbaik, Tata Rias Terbaik, dan lain-lain. Hingga sampai saat ini, memenangkan Oscar tentu masih menjadi mimpi bagi banyak sineas yang bekerja di hollywood.

Akan tetapi, tidak semua sineas tertarik pada ajang penghargaaan film populer ini. Beberapa sineas bahkan diketahui menolak pemberian piala Oscar saat mereka diumumkan sebagai pemenang. Alasan yang mendasari sineas untuk melakukan hal tersebut pun bermacam-macam, salah satunya adalah kehadiran Oscar yang dianggap berseberangan dengan pandangan yang ia percaya.

Siapa sajakah sineas yang pernah menolak penghargaan Oscar? Apakah alasan mereka menolak piala Oscar? Berikut adalah deretan sineas yang pernah menolak piala Oscar.

1. George C Scott

(Foto: pinterest.com)

Pada tahun 1962, Scott diketahui menjadi nomine Oscar untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik. Nominasi penghargaan ini didapat Scott atas perannya sebagai Bert Gordon di film The Hustler (1961). Akan tetapi, berita ini direspon dengan negatif oleh Scott sendiri. Dilansir dari Kompas, aktor kelahiran tahun 1927 ini menolak terpilih sebagai nomine Oscar karena tidak setuju akan ide kompetisi yang mempertandingkan para aktor.

Tidak disangka-sangka, Scott lagi-lagi terpilih sebagai nomine Oscar untuk kategori Aktor Utama Terbaik pada tahun 1971. Nominasi penghargaan tersebut diperoleh Scott atas aktingnya dalam film Patton (1970) sebagai Jenderal George S Patton. Mendengar kabar ini, Scott kemudian menjelaskan kepada pihak Oscar bahwa dirinya tidak bersedia menerima nominasi dan penghargaan ini. Lucunya, ia malah diumumkan sebagai pemenang dari kategori tersebut. Meski begitu, piala Oscar ini sendiri tetap tidak diterima oleh Scott dengan alasan yang sama.

2. Marlon Brando

(Foto: variety.com)

Aktor legendaris yang satu ini diketahui sukses memenangkan Oscar untuk kategori Aktor Utama Terbaik pada tahun 1973. Penghargaan ini diberikan kepada Brando atas perannya yang begitu memukau di film Godfather (1972) sebagai Vito Corleone. Akan tetapi, Brando memilih untuk tidak menerima piala bergengsi ini secara terang-terangan kepada publik.

Penolakan Brando tersebut dipicu oleh perlakuan diskriminatif pemerintah AS dan Hollywood terhadap penduduk asli Amerika, yakni Suku Indian. Brando sendiri diberitakan tidak hadir di acara Oscar saat diumumkan sebagai pemenang. Ia diketahui meminta bantuan kepada aktris keturunan Apache bernama Sacheen Littlefeather untuk membacakan surat di ajang tersebut terkait penolakannya terhadap Oscar.

3.  Dudley Nichols

(Foto: amazon.com)

Jauh sebelum Brando dan Scott, Nichols diketahui menjadi sineas pertama yang menolak Oscar pada tahun 1936. Saat itu, ia diketahui terpilih sebagai pemenang kategori Skenario Adaptasi Terbaik atas film The Informer (1935). Akan tetapi, Nichols memilih untuk tidak menerima penghargaan ini. Ia bahkan dilaporkan mengembalikan piala Oscar sebanyak dua kali saat pihak Oscar berusaha memberikan piala tersebut kepadanya.

Penolakan Nichols terhadap piala Oscar bukanlah tanpa sebab. Ia diwartakan menolak penghargaan Oscar karena memprotes konflik yang terjadi antara pihak Academy Awards dan Screen Writer’s Guild. Nichols sendiri diketahui menjabat sebagai presiden Screen Writer’s Guild pada tahun 1937 dan 1938. Berdasarkan informasi dari laman merahputih.com, Nichols pada akhirnya menerima piala Oscar pada tahun 1938 setelah konflik antara Academy dan Screen Writer’s Guild tuntas.

Demikian 3 sineas yang pernah menolak Oscar. Apakah teman-teman SUKITA ID mengidolakan salah satu sineas di atas?

#SineasyangMenolakOscar
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Film, Sineas Menolak Oscar, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares