Cerita Mistis Seputar Rumah “Terkutuk” di India, Mitos atau Fakta?

Banyak alasan yang membuat sebuh rumah tidak lagi ditempati oleh manusia, mulai dari tidak layak untuk ditinggali hingga karena dianggap menyimpan suasana mistis. Di India, terdapat sebuah rumah mewah yang sudah lama tidak dihuni manusia karena dianggap membawa kesialan bagi siapapun yang tinggal di dalamnya. Rumah tingkat dua dengan luas 5.500 meter persegi tersebut kabarnya terletak di 33 Sham Nath Marg, area Civil Lines, New Delhi, India.

Rumah kosong tersebut dilaporkan mempunyai tiga jenis kamar, yakni ruang makan, ruang gambar, dan beberapa ruangan konferensi. Rumah ini juga memiliki kamar khusus yang disiapkan untuk para pembantu, penjaga, dan pekerja lainnya. Kemewahan rumah tak berpenghuni ini tak behenti sampai di situ. Rumah ini dikabarkan terletak di tengah-tengah lapangan rumput yang begitu luas. Rumah ini juga dilengkapi dengan kolam air mancur yang terletak di bagian halaman belakang.

Lalu, cerita apa yang tersebar di telinga banyak orang hingga akhirnya rumah ini dijauhi?

Wilayah Civil Lines kabarnya dibuat pada masa penjajahan Inggris di India pada tahun 1920. Saat itu, wilayah ini berfungsi sebagai tempat tinggal bagi pejabat lama serta penduduk Inggris berusia lanjut. Sejumlah pihak menduga rumah kosong ini juga dibuat pada tahun yang sama saat Civil Lines dibangun, yakni 1920.

Pasca India merayakan kemerdekaan, rumah ini berganti kepemilikan. Rumah ini dikabarkan sempat menjadi tempat kediaman Pejabat Menteri India. Keputusan tersebut diambil karena rumah ini berjarak 100 meter dengan gedung legislatif Vidhan Sabha.

Pejabat Menteri pertama yang mendapat kesempatan untuk tinggal di rumah tersebut adalah Chaudhary Brahma Prakash. Ia diberitakan tinggal di sana pada tahun 1952. Setelah Prakash, rumah ini juga sempat dihuni oleh Madan Lal Khurana pada tahun 1990-an. Prakash dan Khurana dikabarkan kehilangan pekerjaannya sebelum masa habis jabatan. Sejak saat itu, isu bahwa rumah ini mampu menyebar kesialan bagi para penghuninya mulai beredar di masyarakat.

“Sudah tidak ada yang mau tinggal di situ semenjak Khurana kehilangan pekerjaannya. Rumor beredar kalau rumah itu berhantu dan membawa sial. Pejabat tinggi lain seperti menolak untuk tinggal di situ,” tutur wartawan Sujay Mehdudia kepada media BBC, seperti yang dikutip laman liputan6.com.

Menolak percaya terhadap isu rumah berhantu

Sejumlah orang diketahui menolak percaya terhadap isu yang menyatakan bahwa rumah tersebut berhantu serta membawa sial. Pada tahun 2003 silam, seorang Pejabat Menteri India bernama Deep Chand Bandu memutuskan tinggal di rumah tersebut. Bandu dikabarkan sudah mendapat peringatan dari sejumlah orang tentang rumah tersebut, namun ia tetap bersikeras untuk tetap tinggal di sana. Anehnya, tidak lama setelah itu Bandu dilaporkan meninggal dunia karena menderita sakit.

“Dia bilang, dia tidak percaya terhadap takhayul dan memilih untuk menempati rumah itu. Tak lama kemudian dia jatuh sakit meningtis dan meninggal di rumah sakit,” ucap Mehdudia.

Pasca meninggalnya Bandu, banyak orang menganggap rumah tersebut benar-benar terkutuk. Rumah tersebut bahkan tidak dihuni siapapun selama 10 tahun setelahnya. Rumah tersebut baru dihuni kembali pada tahun 2013 oleh birokrat senior bernama Shakti Sinha. Shakti mengaku betah tinggal di tempat tersebut. Meski begitu, ia lagi-lagi bernasib sama seperti Prakash dan Khurana, yakni kehilangan pekerjaan sebelum masa jabatannya habis.

Rumah tersebut kemudian berganti kepemilikan. Bangunan rumah ini kabarnya disulap menjadi kantor Delhi Dialogue Commision yang didirikan Pejabat Menteri Arvind Kejriwal. Wakil Komisi Ashish Ketan mengatakan cerita takhayul tentang rumah ini hanyalah bualan belaka. Menurutnya, isu tentang kutukan dan hantu sudah semestinya dihilangkan di zaman teknologi dan digital ini. Rumah ini sendiri dikabarkan sudah mengalami renovasi besar-besaran sehingga nampak baru dan cantik.

Hingga sampai saat ini, belum diketahui secara pasti apakah rumah tersebut benar-benar mampu menyebar kutukan atau tidak. Sebagian orang nampak percaya rumah ini berhantu dan membawa sial, sebagian lainnya merasa tidak. Teman-teman SUKITA ID termasuk yang percaya atau tidak?

sumber: liputan6.com

#IsuRumahTerkutukdiIndia
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Mistis, Rumah Terkutuk, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares