Benarkah Shakespeare Hanya Sosok Rekaan Beberapa Penulis Lain?

Benarkah Shakespeare Hanya Sosok Rekaan Beberapa Penulis Lain

Teman-teman SUKITA ID tentu mengenal sosok penyair tersohor asal Inggris William Shakespeare. Sastrawan yang masuk ke dalam jajaran tokoh paling berpengaruh sepanjang masa tersebut dikenal melalui beberapa karya dramanya seperti Romeo and Juliet, A Midsummer Night’s Dream, Hamlet, MacbethHenry VIII dan lain-lain.

Penyair kelahiran tahun 1564 tersebut dikabarkan telah menulis 37 drama dari tahun 1590 sampai 1613. Drama-dramanya karangannya diketahui bergenre sejarah, tragedi, komedi, serta komedi tragis.

William Shakespeare (Foto: thoughtco.com)

Tidak hanya namanya yang begitu tersohor, teori konspirasi terkait penulis puisi dan dramawan populer ini juga santer terdengar di masyarakat. Beberapa pihak meyakini bahwa sosok Shakespeare hanyalah tokoh fiktif. Shakespeare dipercaya hanyalah nama pena dari penulis lain.

Anggapan tersebut pernah dikemukakan Joseph C Hart, penulis asal Amerika, di dalam bukunya pada tahun 1848. Menurutnya, drama-drama Shakespeare dikarang oleh beberapa penulis yang berbeda. Di tahun 1856, penulis bernama Delia Bacon juga terlihat mendukung kebenaran teori ini.

Ia menyatakan dalam artikelnya bahwa kepemilikan karya-karya Shakespeare berhubungan dengan sebuah grup yang diawasi oleh Sir Francis Bacon dan Sir Walter Raleigh.

Sir Francis Bacon (Foto: smithsonianmag.com)

Sejumlah pihak lainnya menganggap Sir Francis Bacon adalah orang yang menulis karya-karya Shakespeare seorang diri. Ia menggunakan nama Shakespeare untuk menutupi reputasinya sebagai pemilik teater kelas bawah. Dugaan ini juga diperkuat dengan persamaan yang ditemukan antara Bacon dan Shakespeare.

Bacon dikenal sebagai seseorang yang berpendidikan, kepala dari masyarakat sastra, serta sering bepergian. Semua karakter Bacon tersebut diketahui terdapat dalam drama Shakespeare.

Selain Bacon, Edward De Vere juga diduga kuat sebagai sosok yang menghasilkan karya-karya Shakespeare. Penulis yang dikenal dengan nama 17th Earl of Oxford ini disebut-sebut sebagai orang yang menulis drama-drama Shakespeare. Teori ini beredar luas di kalangan masyarakat terutama setelah pemutaran film Anonymous (2011).

Sosok Edward De Vere dalam film “Anonymous” (Foto: thedailybeast.com)

De Vere dikenal pribadi yang menyenangi bepergian, pernah bertemu bajak laut, serta punya banyak pengalaman liar. Beberapa sifat De Vere in tergambarkan dalam drama Shakespeare. De Vere dikabarkan wafat sebelum seluruh drama Shakespeare terselesaikan.

Akan tetapi, sejumlah pihak meyakini drama-drama tersebut memiliki tanggal yang salah sehingga kebenaran teori ini masih diragukan.

Jadi, bagaimana pendapat kalian tentang teori ini? Apakah percaya bahwa Shakespeare adalah tokoh rekaan?

#BenarkahShakespeareHanyaTokohRekaan?
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Benarkah Shakespeare Hanya Tokoh Rekaan, Mistis, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 share