Apakah Benar Makam Santa Klaus Sudah Ditemukan?

Santa Klaus telah menjadi simbol natal. Keceriaan natal terasa tak lengkap tanpa kehadiran sosok tersebut. Melalui kereta rusa kutub ajaibnya, ia membagikan hadiah natal kepada seluruh anak di seluruh dunia. Cerita mitos tersebut telah tersebar luas ke berbagai penjuru dunia dari generasi ke generasi. Hal ini tentu membuat anak-anak menanti-nanti kado apa yang akan diberikan Santa di pohon natal miliknya.

Meskipun mitos Santa Klaus membagikan hadiah natal sangat terkenal, sosok Santa di kehidupan nyata masih meninggalkan misteri. Keberadaan Santa Klaus masih sering diperdebatkan sejumlah orang hingga saat ini. Sebagian besar orang meyakini adanya keberadaan Santa di kehidupan nyata, sebagian lainnya menganggap sosok tersebut hanya hidup dalam cerita rakyat.

Mereka yang mempercayai Santa tak jarang melakukan penelusuran terhadap keberadaan sosok tersebut di berbagai tempat. Beberapa waktu lalu, arkeolog asal Turki mengklaim telah menemukan makam Santa. Makam yang diduga berisi jasad Saint Nicholas atau Santa Klaus tersebut ditemukan di gereja kuno Saint Nicholas di distrik Demre, provinsi Antalya, Turki pada Senin (2/10/2017).

Makam yang diduga menjadi tempat jasad Saint Nicholas atau Santa Klaus (Foto: liputan6.com)

Cemil Karabayram, Direktur Survei dan Monumen di Antalya, mengatakan pihaknya akan memulai penelusuran lebih lanjut terhadap makam ini. Menurutnya, penemuan ini adalah awal dari tahapan yang lebih besar.

“Kami telah memperoleh hasil yang sangat bagus namun pekerjaan sebenarnya dimulai sekarang. Kami akan mencapai dasar dan mungkin akan menemukan jasad Saint Nicholas yang belum tersentuh,” ujar Cemil mengenai penemuan makam tersebut, dikutip dari vivanews.

Gereja Saint Nicholas (Foto: foxnews.com)

Makam yang diduga berisi jasad Santa Klaus tersebut diketahui melalui survei digital. Survei digital tersebut menemukan sebuah ruang tak tersentuh di bawah permukaan gereja. Cemil memaparkan ruang tersebut tidak pernah dijamah manusia untuk waktu yang lama.

“Kami berpendapat bahwa ruang itu sama sekali belum rusak, tapi sulit menuju ke sana karena ada mosaik-mosaik di lantai,” tutur Cemil.

Menurut Cemil, mosaik-mosaik tersebut harus dipindahkan terlebih dahulu sebelum melakukan pembongkaran makam. Di samping itu, pihak survei juga diketahui melakukan pengecekan terhadap arsip tahun 1942 hingga tahun 1966 mengenai sejarah Gereja Saint Nicholas. Gereja yang diduga menyimpan makam Santa Klaus ini dikabarkan pernah terbakar sehingga harus dibangun ulang.

Penampakan Lain Gereja Saint Nicholas (Foto: amazonaws.com)

Di dalam arsip, pastor gereja diceritakan tewas akibat peristiwa kebakaran hebat tersebut. Jasad mereka yang tewas ditemukan dalam bentuk tulang-belulang. Sejumlah pedagang yang meyakini tulang-belulang tersebut berasal dari jasad Santa Klaus. Mereka pun mencurinya dan menyelundupkan barang tersebut ke kota Bari, Italia pada tahun 1087.

Cerita pencurian tulang-belulang yang diduga berasal dari Santa Klaus tersebut tidak menyurutkan semangat tim pencari untuk tetap menelusuri makam di bawah Gereja Saint Nicholas. Cemil dan timnya optimis akan menemukan jasad Santa Klaus di makam tersebut.

#DugaanPenemuanMakamSantaKlaus
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Makam Santa Klaus, Mistis, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares