Anggota Marinir Ini Sukses Sebrangi Selat Sunda dengan Berenang Selama 9,5 Jam

Anggota Marinir Ini Sukses Sebrangi Selat Sunda dengan Berenang Selama 9,5 Jam

Menyambut HUT Korps Marinir ke-72, ratusan anggota marinir dikabarkan mengikuti lomba renang melintasi Selat Sunda pada akhir pekan lalu. Perlombaan renang tersebut dimulai pada hari Jumat (2/3/2018)  pukul 21.30 WIB. Posisi start para kontestan lomba diketahui bertempat di Dermaga Pelabuhan PT Bandar Bakau Jaya di Bakauheni, Lampung. Sementara itu, garis finish lomba renang ini terletak di Pantai Tanjung Sekong, Merak, Banten.

Perlombaan tersebut dimenangkan oleh Kopda Marinir Budi Santoso yang berasal dari Satuan Bataliyon Intai Amfibi-2. Ia diketahui berhasil mencapai garis finish lebih cepat dibanding 289 anggota marinir lainnya pada hari Sabtu (3/3/2018) kemarin sekitar pukul 07.05 WIB. Kopda Budi Santoso ditetapkan menjadi pemenang setelah berhasil menyentuh garis finish dengan waktu 9 jam 29 menit dan 56 detik.

Pecahkan rekor baru

Anggota Marinir Ini Sukses Sebrangi Selat Sunda dengan Berenang Selama 9,5 Jam
Kopda Marinir Budi Santoso ketika berhasil sampai di garis finish (Foto: sijoritoday.com)

Kemenangan Kopda Budi di perlombaan tersebut ternyata mencetak sejarah baru. Waktu yang ditempuh Kopda Budi untuk sampai ke garis finish diketahui memecahkan rekor sebelumnya yang dimiliki Praka Mar Tayuri di perlombaan yang sama pada tahun 1996. Saat itu, Praka dikabarkan sampai ke garis finish dengan catatan waktu 9 jam 47 menit dan 5 detik.

Kopda Budi sempat bercerita tentang kendala yang ia alami selama berenang. Menurutnya, kendala utama yang ia rasakan saat melintasi Selat Sunda adalah arus laut. Rintangan lainnya yang ia temui saat berenang di perairan adalah hewan laut.

“Kendala yang utama masalah arus, sama hewan di laut terutama ubur-ubur sama pedang laut,” tutur Kopda Budi, dilansir dari Kompas TV.

Kopda Budi diketahui sudah mengikuti perlombaan renang marinir sebanyak tiga kali. Lomba renang lintas Selat Sunda ini adalah lomba renang ketiga yang ia coba. Menurut pengakuan Kopda Budi, ini adalah kali pertamanya ia menjajal lomba renang lintas Selat Sunda. Kopda Budi juga mengatakan lomba renang Selat Sunda merupakan lomba renang dengan jarak terjauh yang pernah ia ikuti.

“Sudah tiga kali juara (lomba renang marinir) satu terus, yang paling sulit Selat Sunda. Jarak terlalu jauh iya, dengan arus yang kuat juga iya,” ucap Budi ketika ditemui di Pantai Tanjung Sekong, Merak, Banten, Sabtu (3/3/2018) kemarin, dikutip dari liputan6.com.

Setelah Kopda Budi Santoso, Praka Marinir Putu Arsana diketahui menduduki peringkat kedua dalam perlombaan ini dengan catatan waktu 9 jam 46 menit 37 detik. Kopda Budi dan Praka Putu diberikan hadiah berupa satu unit mobil, piala, dan sertifikat lomba. Sementara itu, anggota marinir yang menduduki peringkat ketiga dalam lomba ini dihadiahi satu unit sepeda motor, piala, dan sertifikat penghargaan.

Bagaimana tanggapan teman-teman SUKITA ID setelah melihat kehebatan Kopda Budi Santoso dan kawan-kawan marinirnya dalam lomba ini? Apakah kalian bercita-cita menjadi marinir juga?

#AnggotaMarinirSuksesSebrangiSelatSundadenganBerenang
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Kopda Budi Santosa, Lomba Renang Selat Sunda, SUpayaKItaTAhu, Terkini

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares