Ada “Pesan dari Alam Baka” dalam Situs Makam Kuno di Mesir

Ada "Pesan dari Alam Baka" dalam Situs Makam Kuno di Mesir

Penggalian situs sejarah seringkali berujung pada penemuan benda-benda tak terduga. Contoh dari hal tersebut dapat tergambar pada penggalian yang dilakukan sejumlah peneliti di daerah Lembah Sungai Nil, Kota Minya, Kairo Selatan, Mesir. Penggalian tersebut ternyata membawa hasil yang tak diduga-duga, yakni situs makam kuno yang diperkirakan berusia lebih dari 2.000 tahun.

Benda-benda kuno yang ditemukan di lokasi penggalian

Penemuan situs makam kuno tersebut diwartakan terjadi pada hari Sabtu (24/2/2018) dua minggu lalu. Situs tersebut diketahui menyimpan lebih dari 40 sarkofagus, perhiasan, tembikar, dan topeng emas. Menurut Kementerian Benda Purbakala Mesir, waktu yang dibutuhkan untuk menggali seluruh makam dan artefak yang tersimpan di dalam sana adalah sekitar lima tahun.

“Ini baru permulaan, kami memerlukan setidaknya lima tahun untuk bekerja di nekropolis ,” ucap Khaled  al-Anani, Menteri Departemen Purbakala Mesir, dilansir dari kompas.com.

Menurut Anani, penemuan benda-benda kuno tersebut diharapkan mampu menjadi daya tarik kota Mesir sebagai kota Pariwisata. Seluruh hasil temuan benda kuno tersebut akan menjadi koleksi tambahan penemuan arkeologi. Hal tersebut dipaparkan Anani dalam sebuah berita di BBC, Senin (26/2/2018) lalu.

Koordinator penelitian Mostafa Waziri memaparkan delapan makam sudah ditemukan dalam tiga bulan masa penggalian. Ia mengatakan seluruh pekerjaan evakuasi selama lima tahun ke depan sudah diatur dalam jadwal. Menurut Waziri, seluruh makam yang terdapat dalam situs ini diharapkan dapat terbongkar sesuai dengan waktu yang ditetapkan.

“Pekerjaan evakuasi sudah terjadwal selama lima tahun ke depan dan targetnya adalah mengungkap semua yang dimakamkan di lokasi ini,” ucap Waziri, dikutip dari tribunnews.com.

Penemuan wadah yang diduga merupakan “pesan dari alam baka”

Ada "Pesan dari Alam Baka" dalam Situs Makam Kuno di Mesir
(Foto: kompas.com)

Tim peneliti diketahui sudah menemukan beragam benda kuno di lokasi penggalian. Sejauh ini, makam dan artefak yang banyak ditemukan berasal dari kalangan pemuka agama di era Mesir Kuno untuk Dewa Toth. Tidak hanya itu, sebuah kalung bertuliskan “Selamat Tahun Baru”dalam bahasa Mesir Kuno juga ditemukan di tempat penggalian. Empat wadah dengan tutup yang menyerupai empat putra Dewa Horus berhasil ditemukan di sekitar lokasi. Menurut informasi yang beredar. empat wadah tersebut ditemukan dalam kondisi terawat.

“Wadahnya berisi organ dalam yang sudah dimumifikasi dan dihiasi dengan tulisan hieroglyph (huruf Mesir Kuno) yang menyebut jabatan dan nama pemiliknya,” ucap Waziri.

“Ini adalah pesan yang dikirim kepada kita dari alam baka,” tambahnya.

Apakah teman-teman SUKITA ID tertarik mengunjungi situs makam kuno ini suatu saat nanti?

#PesanAlamBaka
#SUpayaKItaTAhu

Tag: , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares