6 Kasus Suara Misterius dari Dasar Laut yang Belum Terpecahkan

Hingga sampai saat ini, masih banyak tempat di bumi yang menyimpan teka-teki misteri. Salah satunya adalah dasar laut. Banyak pihak mungkin beranggapan bahwa dasar laut tidak ramai ditempati makhluk laut karena terletak jauh dari sinar matahari serta memiliki tekanan tinggi.

Anggapan tersebut ternyata tidak disetujui oleh sebagian peneliti. Menurut mereka, laut juga ramai dihuni oleh berbagai makhluk bumi seperti tempat lainnya. Pendapat tersebut dipaparkan oleh sejumlah peneliti usai mereka mendengar banyak suara misterius dari dasar laut menggunakan hydrophone atau mikrofon bawah laut. Salah satu tim peneliti yang mendengar suara misterius tersebut ialah peneliti dari National Oceanic and Atmospheric (NOAA).

Seperti apa suara-suara misterius dari dasar laut yang pernah didengar para peneliti? Apakah benar-benar terdengar aneh? Berikut adalah 6 kasus suara misterius dari dasar laut dilansir dari laman tribunnews.com.

1. Slow Down

Suara aneh ini pertama kali terekam pada tanggal 15 Meli 1997 melalui hydrophone milik NOAA. Bunyi misterius Slow Down terekam saat hydrophone diturunkan di dasar laut semenanjung Antartika. Nama yang diberikan peneliti untuk suara ini terinspirasi dari frekuensinya yang makin menurun setiap 7 menit sekali. Kabarnya, suara Slow Down dapat terdengar hinga jarak 5.000 km.

2. Julia

“Julia” adalah julukan untuk bunyi bergemuruh yang terdengar dari kedalaman laut pasifik pada tanggal 1 Maret 1999. Suara keras tersebut diwartakan terdengar selama 15 detik. Suara misterius ini diduga peneliti berasal dari tempat di antara Bransfield Straits dan Cape Adare. Apa pemicu lahirnya suara ini ya?

3. Train

Suara misterius ini sepintas terdengar seperti bunyi suara kereta. Bunyi suara misterius ini diketahui berasal dari dasar laut Loss Antartika pada tanggal 5 Maret 1997. Bunyi suara misterius ini terdengar dari atas hydrophone otonom. Peneliti beranggapan bahwa suara ini berasal dari pecahan gunung es yang tenggelam lalu menabrak dasar laut.

4. The Bloop

Bunyi “The Bloop” terekam pada tahun 1997 saat NOAA mengirim 2 hydrophone di daerah Selatan Amerika Selatan. Suara misterius ini diberikan terdengar hingga jarak 4.800 km. Nama “The Bloop” diberikan kepada suara misterius ini karena terdengar mirip dengan suara bunyi suara gelembung pecah. Apakah kalian setuju?

5. Whistle

Suara tak dikenal ini diprediksi peneliti berasal dari bunyi letusan gunung berapi di bawah laut. Hal tersebut berasal dari pendapat yang menyatakan bahwa bunyi suara Whistle terdengar seperti suara air mendidih. “Whistle” terekam pada bulan Juli 1997 saat peneliti mengirim hydrophone di sebuah wilayah perairan.

6. Upsweep

Sejauh ini, belum ada ilmuwan yang mampu memprediksikan asal-usul suara misterius ini. Banyak pihak mengatakan bunyi suara ini mirip dengan bunyi sirene ambulan atau suara raungan makhluk misterius. Bunyi “Upsweep” terdengar dari laut yang di dalamnya dekat dengan aktivitas vulkanik. Bunyi tak dikenal ini kabarnya terekam melalui hydrophone yang diluncurkan tahunan sejak tahun 1991.

Misterius sekali ya suara-suara di atas? Menurut teman-teman SUKITA ID, dari manakah bunyi-bunyi tersebut berasal?

sumber: tribunnews.com

#SuaraMisteriusdiDasarLaut
#SUpayaKItaTAhu

Tag: , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares