5 Takhayul Populer tentang Kematian

Sejumlah kelompok masyarakat diketahui menganut takhayul yang berkembang di sekitar daerahnya, misalnya seperti kematian. Beberapa pihak percaya ada ‘aturan’ yang wajib dipenuhi saat mereka berhadapan dengan hal seputar kematian, contohnya seperti sikap melewati kuburan atau pantangan saat berjalan di sekitar kuburan. Ada juga takhayul mengatakan kematian manusia dapat terlihat melalui kehadiran peristiwa tertentu. Dilansir dari tempo.co, berikut adalah 5 takhayul populer seputar kematian yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Tanaman yang tumbuh di atas makam

Sebagian masyarakat meyakini kepribadian seseorang yang sudah wafat dapat tercermin dari tanaman yang tumbuh di atas makamnya. Apabila makam seseorang ditumbuhi bunga, maka almarhum dipercaya mempunyai sikap baik serta tiba di surga. Sementara itu, makam yang ditutupi gulma serta dipenuhi debu konon menandakan almarhum sering berbuat hal buruk semasa hidup.

2. Menutup cermin ketika seseorang diberitakan meninggal

Orang Yahudi kabarnya menerapkan tradisi ini ketika salah seorang dari kaum mereka dilaporkan meninggal. Menurut mereka, tradisi ini ditujukan untuk menghilangkan sikap angkuh para pelayat yang mementingkan penampilan diri sendiri di tengah suasana duka. Dengan demikian, mereka dapat menaruh perhatian dan rasa hormat yang lebih besar kepada sosok almarhum. Sementara itu, ada juga takhayul mengatakan bahwa jiwa orang yang sudah meninggal dapat terpantul ke dalam tubuh apabila cermin dalam rumahnya tidak ditutup.

3. Perempuan hamil dilarang melewati kuburan

Sejumlah orang menganggap kuburan bukan tempat yang aman untuk dilewati seorang perempuan hamil. Berdasarkan takhayul yang beredar, roh orang mati konon mampu mengajak janin yang dikandung seorang perempuan hamil untuk masuk ke dalam kuburan. Ada yang berpendapat takhayul ini sebenarnya berpijak pada anggapan bahwa suasana kuburan yang begitu emosional mampu memicu terjadinya keguguran.

4. Menahan napas saat berjalan di sekitar kuburan

Beberapa pihak percaya bahwa suasana kuburan dapat membahayakan keselamatan orang yang masih hidup. Ada yang beranggapan bahwa jiwa orang hidup mampu dirasuki roh orang mati yang berasal dari kuburan. Oleh sebab itu, banyak orang memilih menahan napas mereka saat berjalan melewati kuburan. Hal ini dipercaya mampu menangkal roh orang mati ke dalam jiwa manusia hidup.

5. Burung sebagai pertanda kematian yang kian dekat

Menurut kepercayaan sejumlah kelompok masyarakat, burung adalah hewan yang menjembatani dunia fana dan spiritual. Oleh sebab itu, kehadirannya sering dihubung-hubungkan dengan kematian manusia. Apabila seekor burung ditemukan bertengger pada kursi atau jendela di suatu rumah, maka penghuni rumah tersebut konon akan meninggal dalam waktu dekat. Burung yang mematuki kaca rumah juga dianggap menandakan seseorang akan wafat dalam kurun waktu singkat.

Demikian 5 takhayul terkenal seputar kematian. Takhayul di atas belum dapat dibuktikan kebenarannya seratus persen. Oleh sebab itu, kalian dibebaskan untuk memilih percaya atau tidak terhadap takhayul-takhayul ini.

sumber: tempo.co

#TakhayulKematian
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Kematian, Mistis, SUpayaKItaTAhu, Takhayul

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 share