5 Sifat yang Dipercaya Ada Dalam Diri Anak Tunggal

Semua orang mengalami takdir yang berbeda-beda saat menentukan jumlah anak untuk keluarga mereka. Ada yang dikaruniai dua anak di sepanjang hidupnya, ada yang memiliki satu anak, ada juga yang tidak dikaruniai sama sekali hingga akhir khayatnya. Sebagian keluarga di Indonesia diketahui masih meyakini mitos yang berbunyi “banyak anak, banyak rezeki,” Mitos tersebut nampaknya berhasil menstimulasi sejumlah keluarga buntuk berusaha mendapatkan anak sebanyak-banyaknya dalam hidup mereka.

Berbicara mengenai anak, adakah dari teman-teman SUKITA ID yang terlahir sebagai anak tunggal atau anak semata wayang di dalam keluarga? Anak tunggal ternyata juga diselubungi beberapa mitos, salah satunya berkenaan dengan sifat atau karakteristik mereka. Banyak pihak percaya bahwa anak tunggal mempunyai sifat khas yang berbeda dengan mereka yang memiliki saudara. Mitos-mitos sifat anak pertama ini bersumber dari kepercayaan sejumlah masyarakat setempat.

Apa sajakah mitos yang berkembang di masyarakat tentang anak tunggal? Apakah semua mitos-mitos tersebut memuat sifat negatif atau malah sebaliknya? Dirangkum dari liputan6.com, berikut adalah 5 sifat yang dipercaya ada dalam diri anak tunggal.

1. Suka bersaing

5 Sifat yang Dipercaya Ada Dalam Diri Anak Tunggal
(foto: huffingtonpost.com)

Sifat yang satu ini dikatakan muncul akibat orang tua sering memanjakan anak semata wayangnya. Apabila pola asuh seperti ini dibiasakan, anak tersebut akan menganggap dirinya paling berharga dan istimewa dibandingkan yang lain. Ia lalu dipercaya akan tumbuh menjadi pribadi yang terobsesi dengan predikat “yang terbaik” di lingkungannya sendiri.

2. Egois

5 Sifat yang Dipercaya Ada Dalam Diri Anak Tunggal
(Foto; understood.org)

Karakteristik ini juga lahir akibat gaya mendidik orang tua yang salah terhadap anaknya. Anak semata wayang umumnya mendapat perhatian yang terlalu besar dari orang tuanya. Maka dari itu, mereka diyakini akan sulit untuk berbagi terhadap lingkungan sekitar karena hanya sibuk mengurusi keadaan dirinya sendiri. Benarkah selalu demikian?

3. Mudah merasa sepi

5 Sifat yang Dipercaya Ada Dalam Diri Anak Tunggal
(foto: huffingtonpost.com)

Mereka yang tidak memiliki saudara umumnya akan dihinggapi rasa sepi karena tidak mempunyai teman berbagi dalam satu atap rumah. Kekosongan itu dipercaya akan mengundang rasa sepi dalam diri anak tunggal tersebut.  Keadaan ini akan bertambah parah apabila orang tua disibukkan dengan kegiatan di kantor atau di luar rumah.

4. Manja

5 Sifat yang Dipercaya Ada Dalam Diri Anak Tunggal
(Foto: nbcnews.com)

Sejumlah pihak percaya bahwa sifat ini banyak ditemukan dalam diri anak tunggal. Penyebabnya diduga berasal dari pola asuh orang tua yang terlalu sering mengabulkan permintaan anaknya. Oleh sebab itu, apabila sang anak telah beranjak dewasa, ia  diyakini akan sangat sering bergantung pada kehadiran orang lain.

5. Ingin kemauannya selalu terpenuhi

5 Sifat yang Dipercaya Ada Dalam Diri Anak Tunggal
(foto: huffingtonpost.com)

Seorang anak tunggal umumnya mendapat curahan perhatian yang amat besar dari kedua orang tuanya. Tak jarang, apa pun yang dipinta sang anak akan dikabulkan dengan mudah oleh orang tuanya. Hal ini secara tidak langsung akan membuat sang anak menjadi pribadi yang egois serta mudah emosi apabila keinginannya tidak dipenuhi.

Demikian 5 mitos terkait sifat dalam diri anak tunggal. Apakah semuanya terasa cocok bagi kalian yang terlahir sebagai anak tunggal? Atau malah semuanya bertentangan dengan sifat kalian sekarang?

#MitosSifatAnakTunggal
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Mistis, Mitos, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 shares