5 Film Ini Ajarkan Pentingnya Mengejar Pendidikan Meski Dihadapkan pada Kesusahan

Hari Rabu (2/4/2018) ini bertepatan dengan perayaan Hari Pendidikan Nasional. Peringatan ini diketahui bersamaan dengan tanggal lahir Ki Hadjar Dewantara. Perayaan Hari Pendidikan Nasional diharapkan mampu menjadi pengingat bagi semua orang akan peran penting pendidikan dalam meningkatkan taraf hidup seseorang serta meningkatkan kemajuan bangsa.

Sehubungan dengan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada pada hari ini, redaksi SUKITA ID bermaksud memberikan rekomendasi 5 film pendidikan wajib ditonton karena sarat dengan pesan edukatif. Apa sajakah itu?

[ Baca Juga: 5 Film Hollywood yang Ajak Aktor dan Aktris Tanah Air Berakting ]

Berikut adalah 5 film inspiratif yang ajarkan pentingnya meraih ilmu setinggi-tingginya di situasi mana pun. Silakan dicek!

1. Sokola Rimba (2013)

Film buatan anak bangsa ini dibintangi oleh Prisia Nasution. Sokola Rimba bercerita tentang wanita bernama Butet Manurung yang memutuskan utuk menjadi pengajar baca tulis dan menghitung bagi anak-anak Suku Anak Dalam di hutan Taman Nasional Bukit Dua Belas, Jambi. Di sana, Butet bertemu dengan siswa cerdas bernama Nyungsang Bungo yang sangat antusias menimba ilmu karena bertekad ingin melindungi tanah leluhurnya dari orang licik. Film arahan Riri Riza ini kabarnya terinspirasi dari pengalaman nyata, lho.

2. Taare Zameen Par (2007)

Film asal India ini berkisah tentang seorang anak penderita Disleksia bernama Ihsan yang sering dianggap bodoh oleh guru dan orang tuanya karena sering mendapat nilai buruk. Kehidupan Ihsan perlahan berubah setelah ia bertemu dengan guru bernama Ram yang diperankan oleh Aamir Khan. Di mata Ram, Ihsan adalah siswa dengan bakat yang luar biasa di bidang seni. Ia pun termotivasi untuk memberikan semangat kepada anak tersebut agar tidak berkecil hati dan terus mengasah bakatnya meski dihadapkan pada banyak kesulitan. Inspiratif, deh!

3. Monalisa Smile (2003)

Film berlatar tahun 1950-an ini bercerita tentang guru Wellesley College bernama Katherine Watson yang berusaha membuka pandangan murid-murid wanitanya terkait hal-hal yang berkaitan hak perempuan. Di masa itu, stigma tentang perempuan yang semestinya bekerja sebagai wanita rumah tangga masih terasa kuat sehingga mereka yang memutuskan untuk mengejar karier dianggap aneh. Meski mendapat perlawanan dari sejumlah pihak atas ajaran yang ia sampaikan, Katherine tetap bersikeras memotivasi muridnya untuk terus maju dan bebas memilih jalan hidup yang mereka mau sebagai perempuan. Memotivasi sekali nih untuk kaum perempuan!

4. Sang Pemimpi (2009)

Film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Andrea Hirata ini tentu harus kalian tonton. Sang Pemimpi berkisah tentang tiga orang sahabat asal Belitong yang berteguh mengejar cita-cita mereka walau dihadapkan berbagai rintangan sulit. Ikal, Arai, dan Jimbron percaya bahwa pendidikan adalah satu-satunya cara untuk menyelamatkan mereka dari jurang kemiskinan. Film yang dibintangi oleh Lukman Sardi, Mathias Muchus, dan Rieke Diah Pitaloka ini kabarnya sudah disaksikan 1,9 juta penonton di tahun 2009. Hebat, ya?

5. The First Grader (2010)

Film ini bercerita tentang seorang kakek berusia 84 tahun bernama Kimani Ng’ang’a Maruge yang mendaftarkan dirinya ke sekolah untuk belajar. Alasan yang mendasari keputusan Kimani ini sangatlah sederhana: ingin membaca surat yang telah lama ia simpan tanpa dibacakan orang lain. Perjuangan hebat Kimani untuk mengejar pendidikan dalam film ini tentu dapat kalian teladani. Wajib tonton!

Tags: Film, Rekomendasi Film, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares