4 Mitos Makhluk Halus yang Dipercaya Masyarakat Suku Dayak

Mitos makhluk halus tersebar hampir di seluruh penjuru nusantara, termasuk Kalimantan. Penduduk asal Kalimantan yang diketahui meyakini keberadaan makhluk halus adalah suku Dayak. Mereka yang mempercayai mitos tersebut umumnya berasal dari suku Dayak Ma’anyan.

Apa sajakah mitos makhluk halus yang dipercaya masyarakat suku dayak? Apakah semuanya mengancam keselamatan hidup manusia? Dirangkum dariĀ netralnews.com, berikut adalah 4 makhluk halus yang dianggap nyata oleh penduduk suku Dayak.

1. Alah Datu

Kalimantan dikenal sebagai daerah yang ditumbuhi banyak pepohonan dan hutan. Menurut kepercayaan suku Dayak, terdapat makhluk halusĀ  yang tinggal di dalam hutan yang rimbun. Makhluk tersebut diketahui bernama Alah Datu. Mitos mengatakan Alah Datu bertugas menjaga hutan dari tangan-tangan manusia jahat.

Makhluk halus ini dikatakan memiliki bobot badan yang berat, namun sanggup meloncat dari satu pohon ke lainnya secara lincah. Kedatangannya ditandai bunyi dentuman benda jatuh dari atas pohon. Alah Datu diyakini hanya mampu dilihat oleh orang-orang tertentu. Ia juga dipercaya tidak membahayakan keselamatan manusia karena hanya bertugas menakuti-nakuti.

2. Kariyau

Sama seperti Alah Datu, makhluk gaib ini juga dipercaya mendiami daerah hutan. Kariyau dipercaya gemar menjahili manusia. Menurut mitos yang beredar, makhluk ini sering membuat orang kebingungan hingga akhirnya tersesat di hutan. Meski begitu, Kariyau diyakini tidak pernah mencelakan nyawa korban yang ia jahili. Setelah Kariyau puas menyesatkan seseorang, ia akan melepaskan manusia tersebut ke wilayah pedesaan terdekat dalam keadaan linglung dan pikiran yang kosong.

3. Kuyang

Makluk halus yang satu ini diyakini tinggal dalam tubuh manusia hidup. Menurut mitos yang tersebar di kalangan suku Dayak, Kuyang disebut-sebut mempunyai wujud yang mengerikan. Tubuh makhluk halus ini dikatakan hanya terdiri dari kepala yang terhubung dengan organ tubuh bagian dalam. Organ dalam kuyang tidak dilapisi tubuh bagian luar karena ia selalu menjadikan tubuh manusia sebagai inangnya.

Kuyang dikatakan sangat menyukai aroma darah. Oleh sebab itu, ia sering mendatangi manusia yang sedang melahirkan atau terluka. Makhluk menyeramkan ini juga dikatakan menghisap darah korbannya secara gaib. Meski gigitannya tak terasa, konon bekasnya akan terlihat. Selain itu, ada mitos mengatakan Kuyang sangat takut melihat wujudnya sendiri. Hal ini kemudian membuat banyak penduduk memposisikan cermin ke atas kamar serta menyiapkan baskom berisi air untuk menghadapi ancaman Kuyang.

4. Bajat

Sebagian penduduk suku Dayak menganggap Bajat adalah setan atau makhluk halus dengan wujud berbentuk binatang. Ada juga pihak yang beranggapan bahwa Bajat adalah ritual pesugihan yang dilakukan manusia agar mampu merubah diri menjadi hewan. Binatang yang dipercaya merupakan jelmaan Bajat adalah babi, buaya, dan kerbau.

Demikian 4 mitos makhluk halus yang dipercaya masyarakat suku Dayak. Belum dapat dibuktikan secara pasti apakah makluk ini benar-benar ada atau tidak. Apakah teman-teman SUKITA ID termasuk golongan yang mepercayai keberadaan makhluk ini?

sumber: netralnews.com

#MitosMakhlukHalusyangDipercayaSukuDayak
#SUpayaKItaTAhu

Tags: Mistis, Suku Dayak, SUpayaKItaTAhu

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares