4 Misteri Seputar Lukisan Leonardo da Vinci

Apakah teman-teman SUKITA ID mengenal sosok pelukis legendaris Leonardo da Vinci? Seniman yang juga merupakan penemu serta matematikawan ini dikenal lewat karya-karyanya yang inovatif, berkualitas serta memiliki estetika tinggi. Salah satu karya terbaiknya yang dikenal banyak orang adalah lukisan berjudul “Mona Lisa”

Lukisan “Mona Lisa” dianggap menyimpan banyak misteri, di antaranya  seperti makna senyuman yang ditunjukkan wanita tersebut, sosok yang mengilhami gambar wanita tersebut, serta ambiguitas emosi yang terpancar dari mimik wanita tersebut. Selain “Mona Lisa”, lukisan-lukisan lain buatan Leonardo da Vinci ternyata juga menyimpan banyak misteri.

Lukisan apa sajakah itu? Berikut adalah 4 misteri seputar lukisan Leonardo da Vinci dilansir dari situs Bright Side.

1. The Portrait of Isabella d’Este 

4 Misteri Seputar Lukisan Leonardo da Vinci
(Foto: abcnews.com)

Lukisan “The Portrait of Isabella d’Este” diketahui baru ditemukan beberapa waktu lalu. Awalnya, lukisan ini tidak diketahui siapa pembuatnya. Para ilmuwan pun akhirnya melakukan penelitian terhadap lukisan tersebut. Menurut mereka, lukisan tersebut milik Leonardo da Vinci. The Portrait of Isabella d’Este dikatakan mengandung pigmen dan primer identik dengan seperti yang dipakai da Vinci. Senyum yang ditampilkan wanita dalam lukisan tersebut disebut-sebut mirip dengan senyum wanita yang terdapat dalam lukisan Mona Lisa. Apakah kamu setuju dengan anggapan ini?

2. Salvator Mundi

4 Misteri Seputar Lukisan Leonardo da Vinci
(Foto: .wikimedia.org)

Lukisan yang satu ini dianggap memunculkan banyak spekulasi. Apabila kalian memperhatikan gambar di lukisan tersebut secara saksama, bola yang dipegang oleh Yesus terlihat transparan. Bagian belakang bola kristal tersebut seharusnya digambarkan lebih besar serta tidak fokus karena terkena efek lensa. Akan tetapi, bagian belakang bola kristal tersebut malah tidak terlihat ada efek khusus satu pun. Hal ini terasa aneh mengingat Leonardo da Vinci dikenal sebagai orang yang mempelajari hukum optik secara mendalam. Aneh, ya?

3. The Last Supper

4 Misteri Seputar Lukisan Leonardo da Vinci
(Foto: wordpress.com)

Menurut cerita legenda yang tersebar, model yang dipakai da Vinci untuk menggambar Yesus dan Yudas adalah orang yang sama. Legenda tersebut mengatakan da Vinci menemukan model untuk lukisan The Last Supper di sebuah paduan suara gereja. Ketika lukisan tersebut hampir selesai dibuat, da Vinci tiba-tiba kehilangan orang tersebut yang nantinya juga akan dijadikan model untuk gambar Yudas. Terdesak, ia pun akhirnya menemukan seorang pria mabuk yang tidur di selokan dan menggambarnya. Saat lukisan tersebut selesai, pria yang ditemukan da Vinci tersebut baru tersadar bahwa dirinya pernah diminta jadi modeluntuk Yesus tiga tahun lalu di lukisan tersebut. Wah, bisa seperti itu,ya?

4. Lady with an Ermine

4 Misteri Seputar Lukisan Leonardo da Vinci
(Foto: wallpaperawesome.com)

Lukisan ini diketahui dibuat melalui teknik pemindaian terbaru. Para ilmuwan terkejut ketika mengetahui fakta bahwa tidak selalu cerpelai yang tergambar dalam lukisan tersebut. Dua versi lukisan ini diketahui dicat pada kanvas yang sama sebelum akhirnya berbentuk seperti yang kita lihat. Lukisan versi pertama digambarkan dengan hewan cerpelai. Sementara itu, di lukisan versi kedua, cerpelai tersebut digantikan dengan sosok hewan yang sangat berbeda. Wah, mengapa begitu ya?

Demikian 4 misteri yang terdapat pada lukisan-lukisan Leonardo da Vinci. Mana yang menurut kalian paling aneh?

sumber: Bright Side

#MisteriLukisanLeonardodaVinci
#SUpayaKItaTAhu

 

Tag: , , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 shares