Tidak Ada Murid, Halaman Sekolah Dijadikan Perkebunan Kol

Tidak Ada Murid Halaman Sekolah Dijadikan Perkebunan Kol

Setelah tiga tahun tak digunakan untuk kegiatan belajar mengajar, akhirnya bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cisabuk yang berada di Desa Santosa, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung terbengkalai dengan beberapa bagian bangunan terlihat rusak karena tak terurus.Bahkan saat ini warga memanfaatkan halaman sekolah tersebut untuk berkebun.

Salah seorang mantan guru SDN Cisabuk Asep Nanan (48) mengatakan, terakhir sekolah itu menerima pendaftaran peserta didik baru pada 2016. Namun ketika itu total jumlah siswa masih kurang dari seratus orang.

[ Baca Juga: Punya Suami Terlalu Baik, Wanita Ini Pilih Gugat Cerai ]

Penyebab minimnya siswa yang daftar, lanjutnya, diduga karena lokasi sekolah yang berada di lahan perkebunan. Terlebih jumlah pemukiman dan penduduk di daerah itu memang tak pernah bertambah, bahkan cenderung berkurang.

Dia menjelaskan, sesuai aturan Kemendikbud, sekolah yang memiliki siswa kurang dari seratus dan dekat dengan sekolah lain harus dimerger. Oleh karena itulah sejak tiga tahun lalu, siswa dan guru SDN Cisabuk akhirnya digabungkan dengan SDN Santosa yang berjarak hanya belasan meter.

Selain itu, lanjutnya, tanah lapangan dan sekitar bangunan pun menjadi gambut, sehingga sejak beberapa bulan lalu warga sekitar berinisiatif merawat dan memanfaatkannya untuk ditanami kubis (kol).

Tags: Ada Aja, Bandung, Sekolah Dasar, Viral

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares